Bali 1,KM- 
Mungkin saja salah satu teori mengatakan, indicator meningkatnya perekonomian masyarakat salah satunya dapat dilihat dari makin banyaknya masyarakat setempat itu yang berdagang atau mendirikan kios untuk berdagang. Jika teori ini benar adanya, maka ini benar-benar merupakan sebuah kabar baik bagi masyarakat Dompu khususnya yang bertempat tinggal dikelurahan Bali 1. Betapa tidak, sejak memasuki bulan puasa tahun 2011 yang lalu, bermunculanlah para pedagang kaki lima dadakan yang menjajakkan berbagai macam kue serta makanan khas bulan puasa. Tentunya situasi seperti ini merupakan pemandangan yang wajar pada momen-momen tertentu juga natal dan tahun baru. Namun, para pedagang tersebut justru makin bertambah pada awal tahun 2012 hingga berita ini dilansir oleh admin KM Bali 1. Pada saat-saat biasa seperti sekarang ini para pedagang buah-buahan bermunculan. Demikian halnya pedagang Sandal-sandal cantik, serta masyarakat yang menjajakkan dagangan lainnya.
                Menurut mereka, tempat dagangan tersebut cukup strategis karena merupakan jalan poros menuju kampung-kampung disekitarnya yakni Kampung kelurahan Potu, Bada, Karijawa, serta kampug Kelurahan Bali 1 sendiri. Masyarakat yang kebetulan lewat juga suka berbelanja buah serta kebutuhan lain di tempat tersebut karena harganya yang relative terjangkau, sedangkan bagi masyarakat yang berada di kampung-kampung sekitar tempat itu pun lebih suka berbelanja disitu karena selain menghemat ongkos transportasi juga karena rasa social yang tertanam pada hati mereka disebabkan kebanyakan dari pedagang-pedagang tersebut adalah masyarakat asli dari kampung-kampung itu sendiri.
Sala seorang pedagang yang bernama asikin mengaku dapat memperoleh keuntungan penjualan rata-rata 100.000 Rupiah perhari. Menurutnya pendapatan tersebut sudah lumayan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.[Siol]

Posting Komentar

 
Top