KM Bali 1-Dengan adanya kabar ratusan yang berada dilokasi pelepasan ternak di Calabai Kecamatan Pekat Kab.Dompu Menderita berbagai penyakit, Petugas UPTD Peternakan Dompu melakukan kegiatan vaksinasi masal di beberapa tempat di areal Pelepasan Ternak di Calabai.
“Langkah ini diambil untuk menghindari luasnya penyebaran penyakit ternak sebelum diambil langkah penyembuhan bagi ternak-ternak yang sudah terjangkit penyakit seperti Bisul pada bagian Pantat sapi maupun penyakit cacingan”. Demikian yang diungkapkan salah seorang petugas vaksinasi yang datang ke tempat tersebut. Dirinya menambahkan, vaksinasi ini dilakukan di beberapa kawasan pelepasan ternak seperti kawasan Mada Oi Rao, Kawasan Sori Tatanga, Kawasan Doro Ncanga, dan Beberapa Kawasan lainnya.
Haeruddin, salah satu warga Kelurahan Bali 1 pemiliki hewan ternak yang divaksinasi di kawasan itu mengatakan, vaksinasi tersebut sudah dilakukan sejak Kamis (02/02) hingga Minggu (05/02).”beberapa warga Bali 1 yang memiliki ternak di kawasan ini selain dating untuk melihat sapinya yang terjangkit penyakit, juga sekaligus melihat kegiatan vaksinasi ini dan Alhamdulillah mudah-mudahan cukup membantu menghilangkan kekhawatiran para peternak sapi yang takut sapinya mati akibat penyakit.” Jelas Haeruddin.
Disamping itu, menurut Haeruddin, vaksinasi ini biasanya dilakukan sekali dalam setahun. Namun dirinya mengharapkan, mengingat rawannya hewan ternak terserang penyakit serta kebutuhan masyarakat akan vaksinasi, Dinas Peternakan dapat melakukan kegiatan vaksinasi tersebut 2 kali dalam setahun dan ditambah dengan pemberian Vitamin. Dengan demikian,daya tahan tubuh hewan ternak kami akan lebih kuat dan tahan akan serangan penyakit.”hewna yang sakit ini karena kekurangan Vitamin dalam tubuhnya”. Ungkapnya.
Peternak lain juga mengharapkan, agar Pemerintah Melalui Dinas Peternakan Kab.Dompu dapat lebih memperhatikan Ternak mereka.”setidaknya melakukan survey dulu secara rutin di lapangan sebelum memberikan perawatan”, pungkasnya.[Siol]

Posting Komentar

 
Top