Kepala Dinas Peternakan Dompu Ir.Fakhruddin A.Wahab
Bali 1, KM-Mayarakat Dompu Saat ini patut untuk tenang karena Beberapa Jam lalu tepatnya kamis 22/03 pukul 08.00 wita, Balai Besar Veteriner (BBV) dari Provinsi Bali menginformasikan kepada masyarakat Dompu melalui Dinas Peternakan Kabupaten Dompu bahwa Kabupaten Dompu Bebas dari penularan Virus H5N1 atau yang biasa disebut penyakit Flu Burung.
Kesimpulan ini diambil lembaga penelitian tersebut setelah melakukan penelitian khusus terkait kemungkinan penularan penyakit yang sangat berbahaya bagi unggas ini di Kabupaten Dompu. Kegiatan penelitian yang diberi nama Serologi ini dilakukan dengan mengambil sampel Darah dari 250 ekor unggas diberbagai lokasi di Kabupaten Dompu.”dalam penelitian itu kami dari Pihak Dinas Peternakan mendatangi lokasi secara acak yakni di desa Kerama Bura, Desa O’O, dan beberapa Desa-Desa lain yang menjadi sentral peternakan unggas”, demikian Kepala Dinas Peternakan Ir. Fakhruddin menjelaskan.
Dari hasil penelitian sampel darah tersebut lanjut Ir.Fakhruddin, Dompu oleh BBV dinyatakan Negatif AI (Avian Influenza-red). “dengan demikian, masyarakat Dompu khususnya tidak perlu terlalu khawatir akan penularan Virus tersebut karena berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan Dompu masih termasuk dalam Zona Bebas Flu Burung.
Namun demikian, Pemerintah Dompu dalam hal ini Dinas Peternakan tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan terutama kandang unggas peliharaannya masing-masing. “kami tetap menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan surat edaran Pemerintah yang sudah kami keluarkan terkait perlunya kewaspadaan terhadap penularan Flu Burung ini”, Ungkapnya.[Wo2]

Posting Komentar

 
Top