IR.FAKHRUDDIN A.WAHAB, M.Si
 Bali 1, KM-Flu Burung kini mulai menjadi focus perhatian pemerintah yakni Dinas Peternakan Kabupaten Dompu. Betapa tidak, penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 ini sudah banyak merugikan Ternak Unggas Kabupaten Dompu.
Sebagai bentuk perhatian pemerintah tersebut, Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin melalui Dinas Peternakan Kabupaten Dompu Mengeluarkan Himbauan kepada seluruh masyarakat Dompu untuk waspada terhadap penyakit yang biasa juga disebut Avian Influenza ini dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:
1.       Meminta kepada Dinas Peternakan Kabupaten Dompu untuk mengontrol dan mengamankan lalu lintas Ternak, pekerja ternak maupun kendaraan yang keluar masuk lokasi Peternakan Unggas.
2.       Meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan pekarangan, Kandang unggas Dan peralatan kandang unggas secara berkala.
3.       Memasak makanan yang berasal dari Unggas pada suhu 80o Celsius.
4.       Untuk medapatkan info lebih lanjut tentang himbauan tersebut silahkan Download gambarnya.
Menanggapi hal tersebut Kepala dinas peternakan Kabupaten Dompu Ir. Fakhruddin A.Wahab, M.si telah melakukan upaya-upaya preventif terkait penularan penyakit paling berbahaya bagi Unggas ini. Pihaknya telah melakukan pemberian faksinasi secara berkala terhadap lokasi-lokasi peternakan unggas di Dompu. Selain itu pihaknya juga dengan berkoordinasi dengan UPTD Peternakan Se Kabupaten Dompu melakukan kegiatan penyemprotan bahan Desinfektan (Anti Hama-red) terhadap kandang-kandang unggas yang beresiko tertular virus tersebut.”sejauh ini kami sudah melakukan upaya maksimal dalam pencegahan penyakit ini. Disamping itu kami selalu membuka diri untuk menerima laporan masyarakat tentang Penyakit ini.”. Tegasnya.
Meski demikian, Menurut Fakhruddin, Kabupaten Dompu masih berada pada Zona aman Flu Burung sehingga pihaknya juga menganjurkan kepada masyarakat untuk secara bersama – sama tetap menjaga Zona aman tersebut.[SiolWo2]

Posting Komentar

 
Top