Bali 1,KM-Ular Piton meki tidak berbisa tapi dianggap cukup berbahaya bagi masyarakat karena ukuran tubuhnya yang dapat menyamai tinggi seorang Manusia dewasa. Rupanya ketakutan masyarakt terhadap ular ini cukup beralasan karena sebelumnya sangat jarang sekali ditemukan Ular jenis ini yang melakukan kontak langsung dengan manusia terutam masyarakat Kelurahan Bali 1 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.
Beberapa hari lalu di temukan seekor ular Piton yang tertangkap sedang memangsa ternak unggas warga setempat. Spontan saja warga yang melihat kejadian tersebut langsung berteriak minta tolong sehingga mengundang perhatian warga lain di sekitarnya. Ular Piton na’as itu pun berhasil ditangkap dan dibunuh warga.
Ketakutan masyarakat kian bertambah setelah diketahui Ular dengan jenis dan ukuran yang sama juga berhasil ditemukan dan ditangkap oleh warga Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu saat melintas di sekitar Pemukiman warga setempat.
Berbagai teori dan dugaan pun bermunculan. Ada yang mengatakan bahwa Ular yang tergolong sangat jarang ditemukan di wilayah perkampungan tersebut muncul karena terbawa oleh arus banjir dari wilayah pegunungan. Ular-ular tersebut harus mengikuti alur sungai untuk mencari habitat baru karena habitat aslinya sudah dirambah para Petani saat membuka Lahan Baru di Gunung.
Dugaan lain juga mengatakan, bahwa ular-ular Piton ini hanya tersesat dan tidak menemukan jalan kembali ke sarangnya. Dari ukuran Ular tersebut sebagian warga menyimpulkan bahwa ular yang ditemukan warga itu masih bayi sehingga masyarakat menduga masih banyak Jenis ular yang sama (Ular Piton-red) yang berkeliaran dan sedang menyebar di perkampungan warga.”kami rasa ular-ular ini datang dalam jumlah banyak dan pasti ada induknya karena yang kami temukan ini sepertinya masih bayi.” Demikian Ungkap salah seorang warga yang tidak sempat kami tanyakan identitasnya.
Hingga berita ini di relist, belum diketahui apakah ular jenis ini merupakan jenis Ular yang dilindungi undang -Undang ataukah Ular Piton biasa saja.[Siol]

Posting Komentar

 
Top