KM Bali 1- Acara Wisuda 99 Sarjana Jurusan Ekonomi Manajemen STIE YAPIS Dompu yang digelar Senin pagi tadi (14/05) di Gedung Samakai Jalan Soekarno Hatta Kabupaten Dompu. Acara Wisuda ini juga dihadiri oleh para tamu undangan dari kalangan pemerintah Kab. Dompu. Serta jajaran Muspida.

Dengan Wisuda  Srata Satu angkatan ke VIII dari sekolah tinggi ilmu ekonomi satu-satunya di kabupaten Dompu ini, Ketua STIE Yapis Drs Anwar Hir,SE mengungkapkan dalam Laporannya, Seremoni Wisuda ini merupakan suatu kebanggaan dan cermin keberhasilan STIE Yapis dalam ikut serta dan berperan aktif dalam peninggkatan sumberdaya manusia di dunia pendidikan formal.

Anwar Hir dalam laporannya tersebut sempat berkelakar yang ditujukan ke Bupati Dompu yang saat itu juga hadir dalam acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa kendala yang terjadi di Kampus STIE Yapis yang terletak di sekitar lokasi persawahan Kelurahan Bali 1 tersebut yakni tidak adanya jalan masuk untuk kendaraan yang beroda empat menuju kampus disebabkan masyarakat enggan untuk menerima pembebasan lahan dari Pihak STIE. Sehingga dirinya meminta solusi dari Bupati Dompu dalam persoalan tersebut agar Kampus STIE yapis dapat lebih meningkatkan daya saingnya dengan kampus lain. Anwar Hir juga meminta agar Bupati dapat memberikan Beasiswa kepada para mahasiswanya yang dinilai berprestasi secara akademik agar para mahasiswa dapat lebih termotifasi dalam pengembangan sumberdaya manusianya sendiri.

Senada dengan hal tersebut, DR. Iwan Harsono,SE, M.Ec dalam orasi Ilmiahnya menyatakan harapannya kepada pemerintah agar mampu membangun paradigm baru pembangunan terhadap tiga hal yang merujuk Knowlage-based economy tampak kian dominan yaitu; pertama, kemajuan ekonomi dalam banyak hal bertumpu pada basis dukungan Iptek sehingga perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan.

Yang kedua, lanjut DR. Iwan Harsono, Hubungan kausalitas antara pendidikan dan kemajuan ekonomi menjadi kian kuat dan solid, dengan bukti-bukti hasil kajian di berbagai Negara. Ketiga, menjadikan pendidikan sebagai penggerak utama dinamika perkembangan ekonomi, yang mendorong proses transformasi strukturalberjangka panjang, karena menurut Iwan Harsono, pendidikan membuahkan High rate of return dimasa yang akan datang.[Siol]

Posting Komentar

 
Top