Pemandangan ini terjadi tiap hari dan sudah berlangsung selama bertahun-tahun
KM Bali 1-Begitulah penuturan Samsuddin AG, salah seorang warga Dusun Rasanggaro Desa Mangge Asih Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu saat ditemui di kediamannya sore tadi Jum'at (29/06). Pasalnya, kelangkaan air di kampungnya itu sudah berlangsung sejak putusnya aliran air dari PDAM Dompu 5 tahun lalu.

Om Sam
Awalnya, menurut Om Sam begitu panggilan akrabnya, meski sering mampet masyarakat setempat mengandalkan air dari PDAM sebagai sumber air bersih untuk keperluan memasak dan air minum. Namun kemudian, Suplai air dari PDAM terputus total."kami sudah mengeluhkan hal ini pada pihak PDAM sendiri maupun pada pemerintah. tapi tidak ada tanggapan yang jelas", ungkap om Sam.

Beliau melanjutkan, Pemerintah Dompu melalui Dinas Kesehatan, sempat memberikan bantuan berupa Bak penampungan air untuk umum di wilayah kampung setempat." tapi bagaimana baknya bisa berfungsi kalau airnya saja nggak ada". tambah Om sam sambil tertawa lebar.

Akibat masalah kekurangan air tersebut, masyarakat terpaksa membeli air dari tukang penjual air jerigen dengan harga 3000 rupiah per jerigennya. Hingga akhirnya, seorang yang merasa prihatin dengan masalah tersebut memberikan bantuan kepada warga yakni berupa penyediaan air bersih yang bersumber dari air tanah kampung setempat. Setelah sumurnya digali atau lebih tepatnya di bor, seorang dermawan yang diketahui akrab dipanggil Papi Ko'o ini menyediakan sistem perpipaan sederhana sebagai penyalur air ke daerah dekat pemukiman warga. Air tersebut di angkut menggunakan mesin pompa bertenaga Listrik. sedangkan sumber listriknya sendiri diambil dari saluran instalasi listrik rumah warga terdekat dengan sumber air."sejak 2 tahun lalu hingga sekarang, para warga masih memanfaatkan kemurahan hati papi Ko'o untuk mendapatkan sumber air bersih", jelas Om Sam.

Sebagai warga, Om Sam mengharapkan kepedulian dari Pemerintah Daerah Kab.Dompu untuk untuk menyediakan sistem penyaluran air bersih yang lebih memadai sehingga masyarakat dapat menikmati kemudahan memperoleh air bersih. Yang lebih meyedihkan adalah bahwa perkampungan Dusun Rasanggaro ini hanya berjarak sangat dekat (sekitar 500 meter-red) dengan kediaman seorang yang juga sangat penting dipemerintahan Daerah Kab.Dompu yakni Kediaman Kepala Badan Kepegawaian Daerah Dompu Moh. Syai'un, SH.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top