KM Bali 1- Setelah hampir 2 tahun Vestifal pekan raya tahunan tidak diadakan oleh Pemerintah Daerah Dompu, Kini di gelar kembali. Vestifal yang memamerkan prospek, langkah, serta kemajuan pembangunan di Kab.Dompu ini seperti biasa diramaikan oleh Stan yang dibangun oleh Satker Pemda Dompu untuk memamerkan kemajuan pembangunan yang telah diraih di bidangnya masing-masing.
Vestifal yang masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pameran ini terlihat megah. lampu-lampu menghiasi seluruh area Pameran. Yang membuat vestifal kali ini berbeda adalah karena di tempat itu juga digelar kejuaraan tinju Amatir Tingkat Provinsi NTB. Jadi, masyarakat selain menyaksikan kemeriahan Vestival juga dapat menyaksikan pertarungan seru dari para peserta lomba Tinju.
Meski terlihat seperti Pameran pada tahun-tahun sebelumnya, namun untuk beberapa Stan dari Dinas-dinas yang berkaitan langsung dalam program pemerintah yakni PIJAR terlihat mencolok dan memamerkan hasil pencapaian dalam realisasi Program tersebut. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan misalnya memamerkan Stan dengan didominasi oleh ornamen-ornamen yang didominasi oleh Jagung. misalnya, tiang Stan yang dililitkan dengan rangkaian Jagung, makanan seperti kue yang berbahan dasar Jagung, dan masih banyak lagi hasil pertanian lain yang juga dipamerkan di Vestifal kali ini.
Begitu pula halnya dengan Dinas Kelautan dan Perikanan. Stan yang dibangun menyerupai Kapal layar tradisional berukuran besar menjadi pilihan ide bangunan untuk memamerkan hasil pencapaian pembangunannya selama kepemimpinan pasangan HBY dan HSY ini. Rumput laut pun menjadi salah satu tema utama Stan tersebut selain Komoditi lain yang telah ditingkatkannnya.
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan membangun Stan dengan sebuah tulisan besar yang terpampang pada Pintu Masuk bangunan Stan. tulisan tersebut adalah Undang - Undang yang berkaitan dengan pelarangan menyembelih Sapi betina Produktif yang diterjemahkan dalam bahasa asli Masyarakat Dompu. tujuannya tentu saja agar segenap masyarakat yang membaca tulisan tersebut dapat mengerti benar maksud daru UU itu dan bagaiman konsekuensinya apabila melanggar.
Namun sebagian masyarakat yang mengunjungi Vestifal tersebut menganggap bahwa Pameran kali ini sama saja dengan Pameran pada tahun-tahun sebelumnnya. Salah seorang pengunjung mengungkapkan bahwa Pameran ini hanya memamerkan kemegahan Bangunan Stan di masing -masing kantor saja. tidak mengesankan peningkatan pembangunan yang telah dicapai."Pak, Pameran kali ini sama saja dengan yang dulu. hanya memamerkan Bangunan saja bukan Pembangunannya. saya lebih suka menyebutnya 'Pameran Pembangunan yang kehilangan 'PEM-nya' artinya kalau kata 'Pembangunan' dikurangi awalan 'Pem' jadi yang tinggal cuma kata 'Bangunan' saja," ungkap salah seorang pengunjung saat menyaksikan kemeriahan Festifal tahunan tang dibuka tadi malam itu.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top