KM Bali 1-Acara Buka bersama yang dirangkai dengan peringatan Hari Pramuka dan Reuni Alumni SMKN 1 Dompu kali ini dihadiri oleh para petinggi organisasi yang berlambang tunas kelapa tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri Oleh Dandim 1416. Namun, kegiatan yang direncanakan akan dihadiri oleh Bupati Dompu ini hanya diwakili oleh Salah satu pejabat dari sekretaiat Pemkab Dompu. Bupati sendiri berhalangan hadir dalam acara Bukber yang dilakukan di Lapangan Olahraga SMKN 1 Dompu ini tadi malam.
Sambil menunggu Waktu berbuka, para tamu undangan menyaksikan sajian lagu religi yang dipersembahkan oleh para alumni sekolah setempat. Para tamu undangan pun terlihat menikmati lantunan salawat badar yang dinyanyikan oleh para alumni sekolah yang kini memegang predikat sebagai mahasiswa di beberapa kota besar itu.
Acara Bukber ini sekaligus dirangkai dengan Solat taraweh bersama. Drs. Sahbuddin, M.Pd yang mengisi Kuliah tujuh menit sebelum Solat taraweh dalam ceramahnya menjelaskan cara pencapaian predikat Takwa yakni dengan mengamalkan 5S dan 1P. Dengan gaya khasnya yang humoris namun berisi, Drs.Sahbuddin, M.Pd menjelaskan yang dimaksud dengan amalan 5S dan 1P. “S yang pertama adalah Syahadat”. Katanya memulai menjelaskan. Menurutnya syahadat adalah satu hal yang mendasari semua amalan S yang lain.”tanpa syahadat, maka semua amalan S yang lain tidak sah dimata Allah SWT”. Katanya.
“S yang kedua adalah Solat. Solat merupakan salah satu rukun islam yang sangat penting”. Tutur salah satu Guru Agama yang sudah lama mengajar di SMKN 1 Dompu ini. Beliau kemudian menjelaskan bahwa solat merupakan pembeda antara seorang muslim dan seorang yang Kafir. Selanjutnya S yang ketiga menurut Pak Sahbuddin adalah Saum atau Puasa. “S yang keempat adalah Sedekah”, katanya. Dalam sebuah kisah yang dijelaskannya tentang sedekah, nabi Sulaiman pernah didatangi oleh malaikat maut yang memberi tahunya bahwa setelah tujuh hari dari kedatangannya malaikat maut akan dating kembali dan mencabut nyawanya atas perintah allah. Nabi Sulaiman pun menjawab bahwa dirinya sudah siap untuk dicabut nyawanya. Namun selama 7 hari dari saat itu, nabi sulaiman menyedekahkan hartanya. Hingga pada hari ke 7, malaikat maut dating lagi sambil tersenyum. Nabi sulaiman bertanya kenapa malaikat maut tersenyum dan meminta kepadanya untuk segera mencabut nyawanya seperti yang sudah diperintahkan oleh Allah Swt. Namun Malaikat maut tetap tersenyum dan menyampaikan pesan baru dari Allah Swt bahwa dirinya tidak jadi mencabut nyawa nabi sulaiman.
“S yang ke 5 adalah Syukur. Barang siapa yang bersyukur maka nikmat allah padanya akan ditambah. Tetapi barang siapa yang Kufur pada nikmat Allah Swt maka dia akan mendapat azab dari Allah” tegasnya.
“yang terakhir adalah P yakni ‘Proposal’”, kata pak Syahbuddin. Para tamu undangan pun menampakkan raut muka bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan proposal kepada Allah yang diungkapkan oleh Pak Syahbuddin. Kami pun mencoba menafsirkan maksudnya. Ternyata yangdimaksud dengan proposal kepada allah adalah Do’a. dan siapa pun yang berdoa kepada Allah pasti akan dikabulakan. Berbeda halnya dengan Proposal yang di sampaikan pada pemerintah ataupun orang lain.” Kalau kita ajukan proposal pada Allah, pasti terkabul. Tapi kalau kita ajukan proposal pada selain Allah itu belum tentu terkabul”. Jelas pak Syahbuddin.
Setelah selesai menjelaskan 5S dan 1P, pak syahbudin pun kemudian segera mengakhiri ceramahnya dan dilanjutkan dengan solat taraweh bersama.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top