KM Bali 1-Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Lombok Raya senin (25/06) ini, membahas tentang konsep baru yang perlu dirumuskan serta direalisasikan agar penyampaian informasi melalui media yang dikelola oleh Kampung media dapat lebih efektif dan bermanfaat bagi para pembacanya baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pertemuan dua hari yang dikoordinir langsung oleh Pembina Komunitas Kampung Media Fairuz Abadi atau yang lebih akrab disapa Abu Macel ini dihadiri oleh seluruh Komunitas Kampung Media Se NTB yang tersebar disemua Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Tidak ketinggalan juga, Komunitas Kampung Media Dompu yang tersebar diseluruh Kecamatan se Kabupaten Dompu juga mengikuti acara tersebut. Dalam acara itu pula Pembina Kampung Media NTB Fairuz Abadi menekankan agar pada setiap Blog yang dikelola oleh Kampung Media memuat 5 informasi dasar yang juga sangat bermanfaat namun dilupakan yakni: Pertama, menginformasikan tentang alamat puskesmas, daftar nama bidang desa lengkap dengan alamatnya yang ada dikecamatan tempat Komunitas Kampung Media berada. Kedua, Kampung Media perlu menginformasikan tentang Nama-nama Masjid dan Musolla serta alamat lengkapnya.
Lebih lanjut, Abu Macel juga menekankan lah yang Ketiga yang perlu diinformasikan kepada masyarakat melalui Blog adalah tentang tempat-tempat wisata Kuliner dan alamatnya. Menurutnya hal ini dianggap penting karena para wisatawan yang datang ke suatu daerah, selain mencari tempat-tempat yang indah juga mencari tempat-tempat yang menyajikan makanan Khas yang enak-enak.
Yang Keempat menurutnya yang penting untuk diinfokan juga pada tiap blog Kampung Media adalah daftar nama madrasah maupun pondok pesantren beserta alamat lengkapnya. Dan yang terakhir Fairus Abu Macel menekankan agar perlunya Komunitas Kampung Media di tiap Kabupaten dan Kota ini mengadakan secara rutin temu kreatif dengan pengusaha kecil yang berlokasi setempat.

“Hal ini diperlukan agar Komunitas Kampung Media menjadi motivator dalam mendorong terpacunya ekonomi masyarakat kecil untuk menuju Kampung Media Mandiri”, Demikian tegas Abu Macel dalam pertemuan tersebut.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top