KM Bali 1-Keseriusan Pemerintah Kabupaten Dompu dalam hal ini H. Bambang M. Yasin dalam Membangun Dompu tidak hanya dibuktikan dengan keberhasilannya lewat Program penanaman Jagung. Di bidang pembangunan sarana dan prasarana pun HBY berhasil meloloskan beberapa proposal pembangunannya ke pemerintah Pusat. Salah satunya, Hal ini terbukti dari terealisasinya pembangunan Pasar Induk Dompu bagian Utara yang tendernya saat ini dimenangkan oleh PT TRI STAR MANDIRI.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek tersebut Syaifudin, ST saat di temui langsung di lokasi pembangnan pasar itu menjelaskan bahwa pihaknya bersama perusahaan pemegang tender telah melakukan pengerjaan proyek itu sampai pada tahap pembongkaran dan persiapan sarana teknis lain dalam kelancaran pembangunan proyek pasar yang rencananya menghabiskan anggran hingga 9 Miliar ini.
Syaifudin merincikan, pembangunan sarana dan prasarana pusat perbelanjaan di Dompu ini mendapat sumber Aggaran dari Pemerintah Pusat yakni APBN 2013 melalui Program Pengembangan Sarana Distribusi Perdagangan yang dikucurkan oleh Kementerian Perdagangan sebagai respon positif atas proposal yang telah diajukan Pemkab Dompu. Dirinya melanjutkan, Pasar induk yang dibangun dan direncanakan rampung pada Bulan Desember  tahun ini, akan dijadikan sebagai pasar Percontohan di Kabupaten Dompu yang memenuhi unsur-unsur kenyamanan dalam berbelanja bagi para konsumen itu sendiri terutama bagi Warga Dompu.
“Pembangunan pasar induk percontohan ini bertujuan antara lain untuk mewujudkan Pasar Induk/Percontohan yang representative yakni pasar yang bersih, aman, nyaman, segar dan ramah. Selain itu juga, meningkatkan pelayanan dibidang perdagangan khususnya dalam meningkatkan kelancaran arus barang kebutuhan pokok sehingga meningkatnya kestabilan harga bahan pokok dan barang strategis bagi seluruh lapisan masyarakat Dompu; Mempermudah akses pemasaran hasil-hasil produksi bagi masyarakat Dompu; Meningkatkan perekonomian masyarakat yang merupakan multiplayer efek dari pembangunan Pasar Induk/Percontohan tersebut”. Demikian diungkapkan Syaifuddin, ST.

Sedangkan tanggapan Syaifuddin terkait terhalangnya akses pengguna jalan yang menuju lokasi pengerjaan pembangunan Pasar percontohan itu, akibat digunakan oleh para pedagang untuk membangun lapak sementara setelah dipindahkan dari lokasi pasar yang akan dibangun, dirinya menganggap bahwa hal tersebut hanyalah bentuk proaktif masyarakat dalam mendukung pembangunan pasar percontohan ini.” Itu biasa, kita anggap bahwa hal itu merupakan bentuk proaktif masyarakat dalam mendukun pembangunan di Kabupaten Dompu. Untuk menanggulang kemacetan akibat hal tersebut, jalur itu sudah ditutup sementara dan dialihkan”. Ungkapnya.[Siol/Ozyra]

Posting Komentar

 
Top