KM Bali 1-Kekeringan yang melanda Dompu akibat Musim kemarau yang berlangsung sejak 4 bulan terakhir cukup membuat warga kesulitan memperoleh Air. PDAM Dompu tidak sanggup melayani kebutuhan Air masyarakat akibat stok dari sumber air juga menurun akibat kekeringan ini.

Sukma, Salah seorang warga Desa Sori sakolo mengungkapkan pada Kampung Media bahwa desanya sudah lama mengalami kesulitan Air bersih untuk keperluan masak, mencuci, minum dan Mandi. Ibu rumah tangga ini harus rela mengantri di tempat Kran Air umum yang berada di pinggir jalan poros desanya untuk memperoleh Air bersih yang dibutuhkan.

Masalahnya bukan jauhnya jarak yang ditempuh untuk mendapatkan air ini. Tetapi banyaknya warga yang berkumpul untuk mengantri di tempat yang sama juga untuk mengambil air di keran tersebut. Menurut sukma yang juga dibenarkan oleh raga lain yang mengantri, Kegiatan mengantri untuk mendapatkan air ini tidak hanya dilakukan pada musim kering saja.

Bahkan pada musim hujan pun desanya juga tetap kesulitan Air bersih dari PDAM sehingga warga desa terpaksa membuka keran-keran umum di Pinggir jalan desanya untuk mendapatkan Air bersih ini. Belum diketahui penyebab sulitnya suplai air ke desa yang relatif dekat dari kota ini pada musim hujan.

Pada musim kering seperti saat ini, Antrian menjadi tambah banyak sehingga warga harus rela mengantri hingga malam untuk mendapatkan air dari kran umum ini.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top