KM Bali 1-Saat berkunjung di Pulau Nisa untuk melihat rutinitas masyarakat disana, kami membawa kesan yang tidak terlupakan tentang masyarakat pulau tersebut. Mulai dari masyarakatnya yang ramah-ramah, hingga menu makanan yang nikmat. pengalaman itu benar-benar tidak dapat dilupakan.

Saat kami berkunjung di Pulau Nisa itu, masyarkatnya kebetulan akan mengadakan acara Selamatan bagi laut yang biasa disebut "Salama Labbu". Acara ini merupakan tradiri masyarakat setempat yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memohon kepada penjaga laut agar memberikan hasil laut yang lebih banyak. Acara ini tidak rutin dilakukan seperti tradisi biasanya.

Tradisi Salama Labbu ini dilakukan masyarakat setempat ketika warga pulau itu merasa hasil laut saat itu mulai berkurang dari tahun-tahun biasanya. Tradisi Labbu kali ini baru dilaksanakan setelah 5 tahun. Masyarakat Pulau Nisa mayoritas adalah nelayan.

Namun setelah beberapa tahun belakangan ini, menangkap ikan di laut sudah bukan mata pencaharian utama lagi. Kini masyarakat setempat menjadikan budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian utamanya. Meski demikian menangkap ikan tetap menjadi kebiasaan masyarakat untuk menutupi kebutuhan keluarga tiap harinya sambil menunggu hasil dari panen rumput laut.[Wo2]

Posting Komentar

 
Top