KM Bali 1-H. Ibrahim, A. Haris, dan M. Yakub. Ketiga orang tersebut merupakan warga Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja yang menjadi calon dalam pemilihan Penggawa areal persawahan So Konci Moka yang berlokasi di Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu yang di adakan sabtu (2/11) pukul 08:00 hingga pukul 12:00 wita.

Penggawa adalah sebutan bagi orang yang bertugas mengatur penjadwalan suplai pengairan untuk irigasi persawahan di suatu areal persawahan. Penggawa dipilih oleh warga yang memiliki tanah persawahan di areal tersebut.

Dari jumlah pemilih sebanyak 102 orang, hanya 93 orang warga yang menggunakan hak pilihnya. Setelah melalui proses yang cukup melelahkan dan persaingan yang sengit, Pemilihan ini akhirnya dimenangkan oleh A. Haris yang meraih hamper separoh jumlah suara yakni 42 Suara. Sedangkan di urutan ke-2 diraih H.Ibrahim dengan perolehan suara sebanyak 31 suara. M. Yakub hanya berhasil mengumpulkan 18 suara saja. Sedangkan 1 suara batal.

Lurah Bali Satu Kecamatan Dompu yang juga hadir dalam pemilihan tersebut memberikan pengarahannya kepada Penggawa Terpilih agar dalam melakukan pembagian air pengairan sawah dapat dilakukan secara adil dan merata agar tidak terjadi sengketa dan complain dari masyarakat.


Penggawa yang dipilih ini akan langsung bekerja dan menjalankan tugasnya setelah dilakukan pemilihan.[Siol]

Posting Komentar

 
Top