KM Bali 1-Dompu melalui Dinas Pertaniannya saat ini sedang serius meneliti salah satu Tanaman Sukun variettas asli dari daerah dompu. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dompu Fakhrurozi saat ditanya seputar program Dinas yang dipimpinnya tersebut pada tahun 2014 ini jumat (24/01) beberapa waktu lalu.
Pasalnya, pihak dari Dinas Pertanian sudah melakukan penelitian untuk membuktikan kebenaran bahwa daerah dompu memang memiliki Tanaman Sukun endemic.”sementara ini kami masih melakukan penelitian untuk lebih meyakinkan bahwa daerah kita memang memiliki tanaman Sukun asli”. Ungkapnya.
Namun, menurut beberapa hasil penelitian awal yang dilakukan tahun 2013 sebelumnya diketahui Tanaman Sukun yang disebut-sebut endemic Dompu ini memeiliki bentuk yang lebih lonjong dibanding sukun yang tubuh di daerah lain.”Produk sukun asli Dompu bentuknya lebih lonjong. Klo tanaman sukun biasa, bentuknya bulat”, demikian yang dijelaskan FAkhrurrozy kepada Kampung Media Bali 1.
Rencananya, Fakhrurrozi menambahkan, hasil penelitian tersebut nantinya akan dikirin ke Dinas Pertanian Provinsi NTB dan Pusat dan kemudian akan dipatenkan sebagai tanaman endemic di Kabupaten Dompu.

Disamping itu, dibidang Holtikultur pihaknya pada tahun ini akan mengembangkan beberpa varietas Buah-buahan pada daerah-daerah tertentu.”saat ini kami sedang mencoba mengembangkan tanaman buah Durian. Lokasi pengembangan kami pilih daerah Kadindi”, jelasnya. Menurutnya, lokasi tersebut dipilih karena iklimnya mendukung untuk pengembangan buah Durian.[Siol]

Posting Komentar

 
Top