KM Bali 1-Kampung Media Bali 1 merupakan satu diantara ratusan Anggota Komunitas Kampung Media yang diberi kepercayaan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mengelola fasilitas Pelayanan Internet Kecamatan berupa sarana Pembangunan Warnet.

Dalam perjalanannya, KM Bali 1 sudah berpindah-pindah di sebanyak 3 lokasi yang berbeda demi mendekatkan sarana bermanfaat ini kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Dompu. Saat ini, Warnet Plik KM Bali 1 kembali ke kampung sendiri tepatnya di Jalan Lintas Utara Masjid Raya Gank. Kuburan Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Namun kali ini, pengelola yakni KM Bali 1 sedikit melakukan manuver inofatif. Rencananya, sarana Plik yang dikelola tersebut tidak hanya akan dijadikan sarana berinternet bagi masyarakat saja. Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut, pengelola akan mengadakan Kursus menjadi Teknisi IT dengan harga yang murah sehingga ditargetkan akan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat terutama yang berkapasitas ekonomi kurang mampu.

Untuk mendukung rencana tersebut, KM Bali 1 saat ini sudah menerima sebanyak 4 siswa SMK dari jurusan berbeda. Siswa SMK yang sedang duduk di kelas 12 ini merupakan siswa yang menjalani program sekolahnya masing - masing yaitu melakukan Praktek Kerja Industri. Di Plik yang dikelola KM Bali 1, mereka ditunjukkan iklim dunia kerja secara praktek. Sehingga siswa mengetahui mengalami langsung bagaimana menjadi pekerja yang sesungguhnya.

Dengan adanya siswa prakerin ini, Plik KM Bali 1 meras terbantu karena dapat memanfaatkan keahlian yang mereka miliki di bangku sekolah dalam mendukung promosi Kursus Teknisi IT ini nantinya. Keahlian yang mereka miliki antara lain merakit, merawat dan memperbaik Personal Computer (PC), mendisain Brosur dan Pamplet promosi, membuat kartu nama, memasang Jaringan PC, menginstal PC, Setting Jaringan PC, dan masih banyak lagi keterampilan yang mereka miliki saat ini sedang dimanfaatkan oleh Plik KM Bali 1.

Namun demikian, KM Bali 1 tetap membimbing siswa-siswa tersebut dan juga memberikan Ketrampilan tambahan untuk melengkapi kempetensi yang sudah ada sehingga mereka benar-benar siap menghadapi dunia kerja.(Oz)

Posting Komentar

 
Top