Kades Cempi Jaya Furkanul Iman (Paling Kanan) saat menerima bantuan dari Kadis Perpustakaan dan AD Sudirman Hamid (Kiri)
KM Bali 1, Dompu-Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu adalah salah satu dari 4 Desa yang telah berhasil Dibina oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Domp. Setelah memalui beberapa proses pembinaan yang diadakan seperti Pelatihan Manajemen Perpustakaan Desa serta pengelolaannya, Desa Cempi Jaya bersama 4 Desa lainnya menerima Bantuan masing-masing berupa 3 unit Komputer lengkap dengan UPS nya.
Bantuan ini diberikan Oleh Pemerintah daerah yakni Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dompu melaui program PERPUSERU yang terselenggara atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dengan The Coca Cola Foundation Indonesia.
Sebagai Penerima Bantuan, Kades Cempi Jaya Furkanul Iman memberikan apresiasinya kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Menurutnya, saat dikonfirmasi usai acara serah terima Bantuan itu di Kantor Dinas Perpustakaan kamis (6/4) lalu, Bantuan yang diberikan melalui program Perpuseru ini sejalan dengan rencana Program Desa Cempi jaya yang ingin meningkatkan pemberdayaan sumberdaya Manusia di Desa tersebut, “ini sejalan dengan program di desa kami. rencananya kedepan kami akan membangun Perpustakaan Desa, dimulai dengan rencaqna pembangunan  sarana dan prasarana seperti ruang perpustakaan”, ungkap Furkan.
Furkanul Iman mengungkapkan pentingnya membaca bagi warga Desanya. Menurutnya, melalui Membaca buku-buku di perpustakaan, Warga akan mampu memperbaharui ilmu dan informasi bagi dirinya serta dapat diadopsi untuk dapat dipraktekkan. dari praktek tersebut lanjut Furkan akan lahir keterampilan sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan. “membaca itu sangat penting bagi warga di Desa karena disana ada banyak Ilmu. melalui wahana ini nanti masyarakat akan dapat mengadopsi ilmu yang dibacanya guna meningkatkan taraf hidupnya”, Jelas Furkan.
Dengan adanya bantuan ini, Kades Cempijaya berencana akan melakukan stimulasi dengan dukungan dari Dana Desa untuk membuat Taman Baca Desa yang isinya tidak hanya mengajak masyarakat untuk membaca tetpi juga mengikuti serangkaian Pelatihan-Pelatihan keterampilan yang dibutuhkan oleh Dunia kerja seperti Perusahaan Tambang yang saat ini berdiri di Kecamatan Hu’u. “didalamnya nanti akan ada pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh Dunia Kerja terutama Industri Pertambangan yang berlokasi di Kecamatan Hu’u sekarang ini”, ungkapnya.[Oz/Sahrul/adv]

Posting Komentar

 
Top