KM Bali 1, Dompu-Menyambut peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober , Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Dompu merealisasikan agendanya untuk menggelar acara nonton bareng warga Dompu Film Penghianatan G 30 S/PKI. Tepatnya pada hari Sabtu, (30/9) pukul 20:00 wita taman kota Dompu sudah dipenuhi ratusan warga yang ingin menyaksikan film yang menggambarkan kekejaman PKI di masa lalu itu.
Warga-warga yang datang membawa serta keluarga untuk menyaksikan film yang digarap Arifin Sanur pada masa orde baru tersebut.
Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut memenuhi alun-alun taman kota Dompu saat penayangan film dimulai. Hasan Salah satu warga yang diwawancarai Koran ini menyatakan dirinya sengaja datang ke taman kota Dompu untuk menonton penayangan film itu. Selain istri, dirinya juga membawa dua anaknya yang masih SMP dan Sekolah Dasar (SD).
Saat ditanya dari mana hasan memperoleh informasi penayangan film tersebut, Hasan menjelaskan bahwa dirinya mendapat informasi dari postingan teman-temannya di media social facebook, “saya lihat postingan teman bahwa akan ada Nonton bareng film ini di taman kota, ya sudah, saya ajak keluarga saya langsung kesini”, tutur hasan.
Dikatakan Hasan, dirinya tidak khawatir bahwa unsur kekerasan dalam pemutaran film tersebut akan merusak psikologi anaknya. Hasan justru berpendapat bahwa film ini setidaknya akan mengingatkan anak-anaknya bahwa negaraanya pernah mengalami sejarah kelam tentang penghianatan yang didalangi oleh PKI.
Sementara itu, Presidium KAHMI Dompu Nukman SH sebelumnya menjelaskan pemutaran film G 30 S/PKI ini bertujuan memupuk kesadaran ditengah masyarakat Dompu bahwa ideology selain pancasila haram hukumnya di bumi Indonesia lebih-lebih ideology komunis.
Lebih lanjut ditegaskan bahwa kegiatan Nonton bareng itu sebagai bukti dukungan terhadap instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo,” “Nobar itu sengaja dilakukan sebagai bukti dukungan terhadap intruksi Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo,” jelasnya seperti yang dilansir incinews.com, 25 september lalu.[Oz]

Posting Komentar

 
Top