KM Bali 1, Dompu- SMPN 4 Dompu yang beralamat di Jalan Lingkar Baru Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu kini telah diangkat menjadi sekolah model.  Sekolah model ini nantinya akan menjadi contoh bagi setidaknya 5 sekolah lain di Kecamatan Dompu.

Kelima sekolah tersebut yakni; SMP Kosgoro di Kelurahan Bali Satu,  SMPN 1 Dompu, SMPN 2 Dompu, SMPN 5 Dompu dan SMPN 7 Dompu. Kelima sekolah ini disebut sekolah Imbas.

Dalam Programnya,  Sekolah yang dikepalai oleh Drs. Edi Suriansyah ini sedang melaksanakan program unggulan sekolah tersebut yakni Program Hafiz Qur'an bagi para siswanya.

Program tersebut mewajibkan para siswa untuk dapat menghafal ayat-ayat pendek dalam Al Qur'an sebanyak yang ditentukan oleh pihak sekolah.

Drs. Edi Suriansyah saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa, (21/11) pekan lalu menyebutkan program Hafiz ini disekolah selain dimasukkan dalam kegiatan Ekstrakurikuler,  juga dimasukkan dalam kurikulum sekolah tahun 2017. Pada prakteknya,  jelas Kepala Sekolah SMPN 4 Dompu ini, program Hafiz diselipkan pada setiap mata pelajaran terakhir setiap hari Kamis.

"Pada hari itu,  mereka menghadap gurunya untuk menyetorkan hafalan Qur'annya masing-masing", jelas Suriansyah.

Dengan program ini,  diharapkan siswa tidak hanya dapat diandalkan dalam bidang Ilmu Pengetahuan tetapi juga mampu menghafal Al Qur'an sehingga akan lebih mudah dalam memahami dan mempelajari Agama islam ini setelah mereka Dewasa.  "Kami sebagai guru berharap anak didik kami ini dapat diandalkan dibidang ilmu pengetahuan dan hafalan al qurannya itu dapat menjadi bekal awal mereka dalam mendalami agama islam yang diyakininya", Kata Suriansyah.

Terkait program sekolah model,  Edi Suriansyah berharap setelah program Hafiz ini dirasa sukses,  maka kelima sekolah Imbas dapat meniru program yang digalakkannya di sekolah masing-masing. (Siol).

Posting Komentar

 
Top