KM Bali 1, Woja-Tahun ini Propinsi Nusa Tenggara Barat dipercaya oleh Pemerintah Pusat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Lomba Desa Bendarang Informasi Publik (DBIP). Serangkaian dengan lomba tersebut, diselenggarakan pula Pegelaran Budaya Tingkat Desa Se Indonesia. Pegelaran Budaya dan lomba DBIP itu diselenggarakan di ibukota Provinsi NTB yakni di Mataram tanggal 28 sampai 30 November lalu.
Dalam Lomba DBIP di Mataram itu, Desa Matua terpilih menjadi Desa perwakilan Kabupaten Dompu. Dipilihnya Desa Matua Kecamatan Woja sebagai utusan Kabupaten Dompu merupakan suatu hal yang wajar. Sebelumnya Desa Matua sudah berhasil meraih penghargaan sebagai Desa yang menerapkan system penyediaan informasi public yang baik di tingkat Kabupaten Dompu.
Kades Matua Muslim Gunawan mengaku sangat bangga karena Desanya terpilih sebagai utusan Dompu dalam Lomba dan pegelaran Budaya antar Desa se indonesia itu. Ditambah lagi, dalam lomba tersebut Desa Matua berhasil meraih predikat sebagai Desa Percontohan DBIP se Indonesia.
Untuk meraih predikat tersebut jelas Muslim Gunawan, Desa yang bersangkutan harus memenuhi persyaratan tertentu seperti selalu menyediakan informasi kepada masyarakat terkait Desanya secara berkala, menyediakan loket permohonan informasi untuk warga di Kantor Desa serta persyaratan lainnya yang mendukung kemudahan masyarakat dalam memperoleh informasi terkait Desa yang bersangkutan. “dan kami telah memenuhi semua persyaratan itu”, tandas Muslim Gunawan.
Dengan diperolehnya predikat ini, Muslim Gunawan berharap dapat memotivasi aparatur pemerintahan Desa terutama yang menangani terkait penyediaan informasi dan transparansi untuk lebih meningkatkan kinerjanya. “mudah – mudahan hal ini dapat memotivasi semangat kerja para petugas DBIP di Desa kami”, ungkapnya.
Predikat yang diraihnya itu jelas Muslim merupakan salah satu bukti bahwa Pemerintahan Desa matua menjunjung tinggi keterbukaan informasi public.[Sahrul]

Posting Komentar

 
Top