KM Bal 1, Manggelewa-Desa Nanga Tumpu Menggelar RPJMDes pada Hari Rabu, 24/1/2018 pekan lalu Di Kantor Kepala Desa setempat. Kegiatan tersebut, melibatkan Pemerintah Desa, Camat Manggelewa, BPD, PKK, Babinsa, Babinkantibmas, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Melalui RPJMDes, Desa Nanga Tumpu Menetapkan Skala Prioritas Program Kerja Pembangunan Desa di tahun 2018. Hal ini di ungkapkan oleh Abdul Azis Kepala Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu kepada Koran Kampung Media. Aziz mengatakan Di tahun 2018 Pemerintah Desa bersama Masyarakat Menetapkan enam poin Program Desa yang di prioritaskan. Yakni Pembukaan jalan dua titik menuju pantai di Dusun Nanga Tumpu dan Dusun Napa sebagai tempat Pariwisata. Membangun jalan ekonomi di Dusun Mekar Sari. Membuat Saluran Air Limbah (SPAL) di Dusun lara. Pembelian 1 Unit Ambulance, dan terakhir adalah Pemagaran keliling mata air sebagai tempat pariwisata lokal di Desa Nanga Tumpu. "program ini kami prioritaskan pada tahun ini karena sesuai dengan hasil musyawarah bersama warga Desa", ungkap Aziz.

Pria Kelahiran Kempo 09 Juni 1973 ini menjelaskan bahwa program yang dicanangkan tersebut harus menitik beratkan pada Program Apa yang layak diprioritaskan dalam satu tahun. "Dalam merumuskan skala prioritas di pandang perlu oleh Pemerintah Desa dan Masyarakat setempat sebab, Pontesi Desa Nanga Tumpu Harus dikembangkan karena sebagai besar lokasinya dijadikan sebagai tempat Pariwisata bukan hanya itu lewat APDes nanti akan ada penentuan program pendukung misalnya, di sektor sektor lain dan operasional Desa." Jelasnya.

Sebagai Desa yang memiliki potensi yang menjanjikan dibidang pariwisata, Pemerintah Desa pada tahun 2018 ini memandang perlunya memprioritaskan program-program pengembangan bidang pariwisata. Selain mencanangkan program prioritas,  ditambahlannya, Pemerintah Desa juga meluncurkan beberapa program pendukung untuk mengelola beberapa objek-objek wisata baik yang masih berskala lokal maupun yang sudah dikenal masyarakat luas seperti pantai Napa. "kami tentunya berharap dengan pengelolaan objek wisata yang membaik akan berpengaruh positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa kami kedepan", Ungkap Abdul Aziz.(AS/adv)

Posting Komentar

 
Top