KM Bali 1, Dompu-Usai pelantikan Kades Kamis, (4/1) lalu,  Umar H. Rasyid yang merupakan Kades Terpilih Desa Sorisakolo Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu menyatakan akan akan langsung menunaikan tugasnya sebagai Kades Sorisakolo tepat pada hari pertama menjabat. Peryataan tersebut diungkapkannya saat ditemui Koran Kampung Media Dompu usai pelantikan Sabtu, (5/1) lalu.
     Diawal aktifitasnya sebagai Kades Sorisakolo,  Umar Rasyid berencana akan mengajak masyarakat desanya untuk hidup sehat. Hidup sehat ini jelas Umar adalah dengan menjaga Kebersihan terutama di lingkungan sekitar. Pemerintahan Desa perlu berperan aktif dalam mengkoordinir warga untuk membersihkan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit. "apalagi sekarang adalah musim hujan. Warga relatif rawan terserang penyakit pada musim seperti ini, terutama penyakit Demam Berdarah", jelas Umar.
     Dilanjutkannya, Pemerintahan Desa (Pemdes) rencananya akan memanfaatkan Motor Angkut Roda Tiga yang dimiliki Pemdes. Motor angkut ini akan digunakan untuk mengangkut sampah-sampah rumah tangga yang dibersihkan warga sendiri.
     Sekilas,  kepada Koran Kampung Media Dompu Umar menerangkan beberapa Program yang akan dilaksanakannya yakni Pembuatan Jamban rumah tangga untuk masing-masing kepala keluarga. Selain itu dirinya akan menyediakan sejumlah sumber air bersih untuk melayani kebutuhan harian warga. "untuk sumber air ini,  saya targetkan harus ada di tiap Dusun", katanya.
     Namun yang paling mendesak untuk dilaksanakan segera tandas Kades baru dilantik ini, dirinya akan melakukan perombakan struktural secara menyeluruh terhadap struktur aparat Pemerintahan Desa yang dipimpinnya itu.  Umar menyatakan akan mengganti para aparatur serta staf yang bekerja dalam Pemdes.
      Perombakan ini dinilai amat perlu oleh Umar agar dapat membentuk iklim kerja yang nyaman baginya. "saya tentu lebih suka bekerja dengan orang-orang yang telah berjuang bersama saya waktu Pilkades kemarin", ungkapnya.
     Meski begitu,  dirinya tidak ingin melanggar aturan yang ada ketika melakukan perombakan. Dirinya mengaku akan tetap berkoordinasi dengan Camat Dompu, karena menurutnya hal tersebut penting dilakukan menurut peraturan yang berlaku. "perombakan aparat Pemdes itu bisa dilakukan dengan meminta restu serta tetap berkoordinasi dengan Camat Dompu", jelas Umar.(Siol)

Posting Komentar

 
Top