KM Bali 1, Dompu-Puluhan Sapi warga Desa Sorisakol Kecamatan Dompu pekan lalu dilakukan Vaksinasi oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (DISNAKESWAN) Dompu. Puluhan sapi warga Desa yang berlokasi di dua Dusun yakni Dusun Sorisakolo Barat dan Dusun Sorisakolo Timur ini menurut Kades setempat Umar H. Rasyid merupakan bagian dari salah satu program yang telah direncanakan pihaknya untuk warga.
Dalam penjelasannya kepada Koran Kampung Media Dompu usai memantau proses Vaksinasi bersama Disnakeswan Dompu, mengatakan vaksinasi terhadap sapi warga di 2 Dusun ini merupakan awal saja yang nantinya akan dilaksanakan secara berkelanjutan di Dusun-Dusun yang lain yakni Dusun Saleko dan Dusun Maulana.
Vaksinasi ini dikatakan Umar adalah untuk mempercepat reproduksi sapi betina. “jadi dengan vaksinasi yang diberikan ini, Sapi yang secara umum memiliki satandar umur tertentu untuk dapat bereproduksi, maka dengan vaksin ini tidak perlulagi menunggu umur. Karena vaksin ini sifatnya merangsang birahi agar sapi cepat bereproduksi”, ungkap Kades Sorisakolo yang baru beberapa bulan lalu dilantik Bupati ini.
Tidak hanya itu, Kades juga mengungkapkan bahwa Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah adanya penularan penyakit-penyakit ternak seperti antraks dan sejenisnya. Disamping itu, dengan vaksinasi ini akan menambah nafsu makan Sapi untuk jenis makanan yang lebih beragam sehingga tidak tergantung pada rerumputan. “Selain Vaksin petugas dari Disnakeswan juga memberikan obat perangsang nafsu makan kepada ternak sapi agar lebih beragam. Tidak bergantung pada rumput lagi tetapi juga dedauanan”, ungkapnya.
Sebagai Kades, Umar memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah khususnya Disnakeswan Dompu atas kepeduliannya terhadap kesehatan serta produktifitas Ternak Sapi di Desa Sori Sakolo. “Pada intinya begini, Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas program yang dilaksanakan bersama Disnakeswan ini. Dan nanti saya harapkan dapat berlanjut di Dusun yang lainnya yang belum seperti Dusun Maulana dan Saleko”, ungkap Umar.[Siol]

Posting Komentar

 
Top