KM Bali 1, Hu’u-Kades Cempi Jaya Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu tahun 2018 ini akan melakukan kegiatan Hotmik Jalan yang melintas di setiap Dusun di Desa Cempi Jaya. Pernyataan tersebut ditegaskan kepala Desa Cempi Jaya Furkanul Iman Jum’at (11/5) pekan lalu kepada Wartawan Koran Kampung Media Dompu.
Kegiatan pembangunan Jalan ini (Hotmik) direncanakan akan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBDes tahun 2018. Sedangkan total panjang jalan yang akan di Hotmik adalah sepanjang 2180 Kilometer. “panjang ini berdasarkan panjang total seluruh jalkan yang ada di Dusun kami”, ungkapnya.
Menurut Furkan, alasan dihotmiknya jalan ini dikarenakan Jalan yang melintasi dusun-dusun di desa tersebut merupakan jalur berbatu sehingga tidak nyaman untuk dilintasi oleh warga menggunakan alat transportasi yang mereka miliki.” kami rencanakan di semua dusun sebab hampir semua dusun yang ada di desa kami tidak ada yang baik dan jalan berbatuan”, tandasnya.
Selain memprioritaskan untuk Hotmik jalan, Pemerintah Desa cempi Jaya juga merencanakan akan membangun Bronjong di Dusun Sigi. Sedangkan untuk di Dusun Roi dan Dusun Teta kan dibangun saluran Drainase. “drainase ini penting bagi kedua dusun untuk menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan”, tuturnya.
Dalam pengelolan anggaran APBDes Cempi Jaya, Ditambahkan Furkan, pihaknya tetap mengikuti petunjuk serta berkoordinasi dengan Tim Pengelola Kegiatan Desa (TPKD) yang diketuai oleh Sekretaris Desa setempat bersama aparatur Pemdes lainnya. “kami tetap mengunakan TPKD di Desa, Sekertaris sebagai ketua TPKD dan di bantu oleh kasi kasi yang di desa sedangkan kades sebagai penguasa anggaran”, ungkapnya.

Tiga item pembangunan yang akan di laksanakan segera pada tahun ini yakni Hotmik Jalan, pembangunan Bronjong, dan Drainase ditegaskan Kades Cempi Jaya merupakan prioritas yang telah disepakati bersama warga. Namun tambahnya, Pihak Pemerintah Desa tidak akan mengurangi anggaran dari kegiatan rutin lain yang juga dianggap penting seperti bantuan untuk masjit di tiap dusun yakni sebanyak 5 dusun sebesar masing-masing Rp.1.000.000,- dan insentif rutin untuk guru ngaji yakni sebesar Rp.100.000 per bulannya.[Sahrul/adv]

Posting Komentar

 
Top