KM Bali 1, Dompu-Realisasi program vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Dompu hingga saat ini belum mencapai jumlah yang di targetkan. Di ketahui target masyarakat dompu yang harus di vaksinasi mencapai angka 50 porsen dari jumlah penduduk. 

"Target yang kita tempuh untuk membentuk kekebalan kelompok sekitar 40 hingga 67 porsen dari jumlah penduduk atau sekitar 149. 578 orang harus mendapatkan vaksinasi. Sementara jumlah masyarakat yang sudah di vaksin pada juli 2021 sekitar 31.657 orang." Ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Dompu, Maman SKM, M.Kes, pada Kamis (29/7/2021) di ruangan kerjanya.

Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi, kata Maman, pihaknya tetap melakukan sosialisasi terhadap petugas hingga masyarakat pada umumnya. Hal tersebut dilakukan supaya daerah dompu bebas dari ancaman virus yang mematikan tersebut. "Dari jajaran kesehatan harus memberikan edukasi sebaik baiknya kepada masyarakat, karena vaksinasi itu adalah ikhtiar kita untuk segera bebas dari pandemi covid ini." Bebernya.

Selain kegiatan vaksinasi, pihaknya juga dapat memastikan akan ada tim Pemantau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang di bentuk dalam rangka untuk melakukan investigasi pasca di lakukan vaksinasi terhadap masyarakat oleh pihak terkait. "Kalau orang itu meninggal dunia karena di vaksi harus ada penelitian lebih lanjut dari tim investigasi KIPI." Terangnya.

Terkait gejala yang timbul akibat vaksinasi hingga mengakibatkan kematian, lanjut Maman akan di berikan kompenisasi apabila telah di lakukan investigasi dan di buktikan lewat laboraterium yang kompeten oleh Tim KIPI . "Ada kompenisasinya sesuai dalam peraturan itu." Tandasnya.

Namun sejauh ini pasca vaksinasi, kata maman pihaknya dapat memastikan  belum ada laporan dari puskesmas terkait adanya gejala lain atau menimbulkan kematian pasca di vaksin. "Sejauh ini belum ada laporan yang meninggal dunia karena di vaksin, hanya saja masyarakat mengalami keluhan biasa biasa saja." Tandasnya.

Diketahui data yang terhimpun dua tahun terakhir ini, terhitung sejak bulan april tahun 2020 hingga bulan juli tahun 2021 yang terkonfirmasi positif covid 19 tercatat 1.255 orang positif covid 19, yang meninggal 33 orang. Informasi tersebut sudah terkoneksi dengan aplikasi pusat. "Sistem nars kemenkes aplikasi langsung dari Pusat." Pungkasnya (As).

Posting Komentar

 
Top