KM Bali 1, Dompu-Program UPLAND sendiri merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif, mulai dari pengembangan on-farm sampai off-farm. Program ini dibentuk demi meningkatkan kapasitas, daya inovasi, serta pendapatan petani.

Tujuan dari dicanangkan program tersebut oleh KEMENTAN RI adalah dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di Daerah dataran tinggi melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air, serta mengembangkan sistem agrobisnis dan membangun sentra pembibitan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana budidaya benih modern.

Sebelumnya Menteri pertanian sendiri, Syahrul yasin limpo, pernah memaparkan tentang program UPLAND ini di acara penandatanganan perjanjian hibah daerah " The development of integrated farming system in UPLAND Area " di hotel aston priority, jakarta pada (24/03/21) dikutip lewat, Kompas. Com

Pada kesempatan tersebut Sahrul Yasin Limpo menyampaikan, melalui program tersebut, diharapkan kelembagaan petani akan memiliki peningkatan, menjadi mandiri, memiliki posisi tawar yang lebih baik, serta mampu mengembangkan pasar untuk komoditas pertanian domestik maupun impor.

Selain itu, menurut menteri pertanian Syahrul yasin limpo, program UPLAND juga akan menjadi tantangan baru bagi masyarakat pertanian. Sebab, dalam pelaksanaannya, program ini tidak boleh melupakan aspek lingkungan.

Dengan melihat potensi tersebut, Bupati Dompu berupaya untuk mendapatkan program tersebut melalui kunjungan di lingkup Kementerian RI. Salah satu terobosan itu dapat dilihat melalui lawatan dengan Dirjen Prasarana dan Sarana.

Dari kunjungan itu, buah tangan Bupati Dompu, Kader Jaelani mendapat respon positif dari kalangan Penjabat di lingkup Kementrian. Hasil Kunjungan di Kementerian pertanian RI dapat program pengembangan sistem pertanian dilahan dataran tinggi dengan pola integrasi (UPLAND). 

Penegasan ini disampaikan Sekretaris Dinas Pertambun Kabupaten Dompu, Syahrul Ramadhan, SP, pada Senin(11/10/21) saat mendampingi bupati pada kunjungan kerja di kementerian pertanian RI. Menurut syahrul ramadhan, program Upland ini  merupakan kolaborasi bank islam dengan pemerintah, khususnya Kab. Dompu, Kab. Bima dan Kota Bima.
Berikutnya, Sekdis Distambun yang akrab di sapa Ori Rao ini menjelaskan, Dinas Pertambun di moment ini langsung menyusun rencana kegiatan dana DAK sebesar Rp.20 milyar. Menurut ori rao, untuk program UPLAND ini telah disusun RAWP-nya.

Dalam kunjungan kerja ini, Bupati Dompu diterima langsung oleh Dirjen prasarana dan sarana pertanian (PSP), staf ahli Menteri Pertanian, Direktur pembiayaan, direktur tanaman pangan, direktur PHP hortikultura dan dan direktur AKBI.

Pejabat kabupaten dompu yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya, kepala BAPPENDA dan litbang, kepala BPKAD, sekdis pertambun dan kabid terkait.

Dalam Akhir penyampaiannya ori rao mengharapkan, doa dan kerja sama  seluruh masyarakat dompu dalam mensukseskan ini demi mewujudkan program dompu yang "MASHUR". (IB)

Posting Komentar

 
Top