Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dompu, H. Khaerul Insyan, MM

KM Bali 1, Dompu-Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Menengah Kabupaten Dompu saat ini tengah menciptakan wirausaha baru sebanyak 300 UMKM. Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dompu, H. Khaerul Insyan, MM, Jum'at (11/03/2022) di ruangan kerjanya kemarin. 

"Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UMKM tengah menargetkan sebanyak 300 wirausaha baru di tahun 2022 ini," ujarnya.

Bantuan yang diberikan kepada 300 wirausaha tahun 2022 ini, berupa sarana usahanya. 

"Wirausaha baru ini yang dibantu sarana bantuan usahanya," cetusnya. 

Jadi saat ini pemerintah Pusat sedang melakukan pendataan UMKM melalui dana dekonstrasi. Masing-masing Kabupaten perlu ada kelompok kerja (pokja) yang melibatkan Bps, Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM. 

"Dalam pokja itu kita mengajukan Verifikator, administrator, Koordinator, Enumerator," Katanya

Enumerator atau petugas yang mengumpulkan data di lapangan, Lanjut Khaerul Insyan, untuk Kab. Dompu yang di usulkan atau direncanakan untuk direkrut sebanyak 96 orang. 

"Enumerator yang direkrut sebanyak 96 orang ini akan dibekali latihan, pendataan UMKM sesuai format yang disediakan oleh kementerian," jelasnya. 

Terkait 300 wirausaha baru yang akan mendapatkan bantuan tersebut hingga saat ini pihaknya menerima usulan sekitar 60 proposal. 

"Dari sekian umkm yang ada saat ini yang baru memgajukan sekitar 60 proposal," jelasnya. 

Sebagai syarat wirausaha yang ingin mendapatkan bantuan dari Dinas UMKM tahun 2022 ini, perlu mengusulkan Proposal ke Dinas setempat. (As) 


Posting Komentar

Posting Komentar

 
Top