Foto Kadis Pertanian Kab. Dompu, Syahroni SP, MM. Saat Diwawancarai Awak Media. 

KM Bali 1, Dompu-Program upland yang dicanangkan Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu tahun 2022 ini tersendak. Program ini baru direncanakan tahun ini, sementara penyediaan anggarannya belum ada. 

Diketahui program upland ini merupakan program penunjang yang berintegrasi untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan. Selain itu juga upland itu sendiri adalah program Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu di Daerah Dataran Tinggi.

Hal itu di lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pertanian, mengatur penatausahaan air irigasi, meningkatkan hasil pertanian, meningkatkan ketahanan pangan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Sementara rencanakan program ini sebenarnya lebih fokus di Kecamatan Manggelewa dan Kilo. 

"Proposal anggaran untuk upland ini sekitar Rp. 20 miliar," kata Kadis Pertanian Kab. Dompu, Syahroni SP. MM, Kamis (10/03/2022).

Sebelumnya, proposal upland ini sudah dipresentasekan di Kementan Ri. Bahkan upland ini juga, menurutnya, tidak hanya mendukung komoditi yang ada dalam Jara Pasaka tetapi juga komoditi yang lain. 

Dalam mendorong untuk meningkat program Jara Pasaka pada sektor pertanian dan peternakan di bawah kepemimpinan AKJ-SYAH, Lanjut Syahroni, Bahwa dirinya sangat berharap agar program tersebut bisa terwujud di Kab. Dompu. Selain Itu juga, anggaran di luar APBD Dompu sangat diharapkan untuk mendukung program Jara Pasaka. 

Namun program tersebut di awal tahun 2022 ini terkendala di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Selain adanya dampak Covid 19, anggaran untuk program yang dicanangkan ini juga, Pemerintah Pusat bakal mengalihkan untuk pembiayaan lain yang lebih diprioritaskan. 

"Di Kementan program Upland ini sebenarnya sudah disetujui namun terkendala di Bappenas karena Covid 19," jelasnya. 

Kadis Pertanian berharap mudah-mudahan program upland ini dapat terwujud untuk masyarakat Dompu. Sebagai masyarakat Dompu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sekitar 50 persen dari sektor pertanian. "Mudah-mudahan program Upland  jadi direalisasikan tahun 2022 ini," harapnya. (As)

Posting Komentar

Posting Komentar

 
Top