KM Bali 1, Dompu-Sebagai salah satu lembaga pendidikan menengah kejuruan di Kabupaten Dompu, SMKN 2 Dompu telah cukup lama berperan dalam pembentukan Generasi kompeten di bidangnya.

Melalui 7 Kompetensi Keahlian (KK) yang dibuka, salah satu Sekolah Kejuruan terpopuler di Kabupaten Dompu ini, terbukti mampu mencetak alumni yang banyak diserap oleh Dunia Kerja saat ini.

Ketujuh KK tersebut adalah Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Energi Hydro Surya dan Angin, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Elektronika Industri, Teknik Audio dan Video, Teknik Pengelasan, dan Desain Grafika.
Aksi unjuk kerja siswa kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Hingga saat ini, tidak kurang dari 13 tahun sudah SMKN 2 Dompu bertumbuh menjadi salah satu Sekolah kejuruan yang diminati di Kabupaten Dompu. Tepatnya Rabu, 24 Mei 2022 baru-baru ini, SMKN 2 Dompu merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke 13.
Dua Orang Guru pengajar pada Kompetensi Keahlian Teknik elektronika Industri

Kemeriahan momentum tahunan ini dihadiri oleh perwakilan Pemda Dompu yakni Kepala Dinas Perhubungan Ir. Syarifuddin, Kepala Cabang Dinas Dikbud NTB Syarifuddin, S.Pd, dan sejumlah mantan Kepala Sekolah selama 13 tahun SMKN 2 Dompu berdiri.
Rangkaian acara puncak Hari Lahir (Harlah) SMKN 2 Dompu Rabu (24/5) lalu itu diantaranya; Jalan Santai yang mengambil titik Start dari Sekolah setempat di Desa Kareke Kecamatan Dompu menuju Seputaran Kota Dompu lalu kembali ke Sekolah.
Acara kemudian dilanjutkan dengan seremonial yang diisi sambutan perwakilan pihak sekolah yakni Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Kerja Industri (HKI) Drs. H. A. Rasyid. Pada kesempatan itu H. Rasyid menyampaikan apresiasinya kepada para tamu undangan yang hadir pada momen besar tahunan sekolah tersebut.

"Kami atas nama sekolah menyampaikan terimakasih yang mendalam atas kehadiran para tamu undangan" tutur A. Rasyid.
Selanjutnya, KCD Dompu menyampaikan rasa bangganya terhadap perkembangan aktifitas pendidikan di SMKN 2 Dompu. Usai menyampaikan sambutannya, Syarifuddin menyempatkan diri melihat Produk Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dihasilkan oleh para siswa SMKN 2 Dompu.

"Produk TTG yang dihasilkan siswa ini diharapkan bisa memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menyelesaikan permasalahannya sehari - hari terutama dibidang teknologi", ungkapnya.

Pantauan langsung kmbali1.com, Sejumlah Produk TTG Kreatif yang sudah dibuat oleh para siswa SMKN 2 Dompu dibawah kepemimpinan Burhanuddin, S.Pd ini diantaranya, Saklar lampu yang dikontrol dengan Perintah melalui Google, Alarm anti Maling, Miniatur Mobil anti Tabrakan, Tempat sampah yang membuka otomatis, Pagar setrum Lahan Jagung tanpa Korban Jiwa, Simulasi Pengontrol Instalasi Listrik menggunakan Misscall, Produk Kemasan makanan Kreatif, Sejumlah Rak Pot Bunga, dan Alat Pemanggang.

Sedangkan Produk dalam bentuk Jasa yang telah dikuasai oleh siswa diantaranya, Pembuatan desain Grafik dan visual, Jasa Pemasangan CCTV, Sound System, AC Rumah maupun kendaraan, Pemasangan Instalasi Listrik, Pemasangan Gerbang Otomatis, dan Reparasi peralatan Elektronika.

Acara puncak juga dimeriahkan dengan Aksi Pentas Tari oleh siswi - siswi yang tergabung dalam Sanggar Seni SMKN 2 Dompu, serta aksi panggung Guru Band, salah satu Band Lokal terkenal Dompu yang anggotanya mayoritas adalah Guru SMKN 2 Dompu.

Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan Doa bersama yang dipimpin oleh Guru Agama SMKN 2 Dompu Muhammad Yusuf, S.Pd pada pukul 11.30 wita.(Oz)

Posting Komentar

 
Top