KM.Bali 1, Woja - Sejumlah Warga Desa Bara Dusun Madarutu Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB keluhkan alami berbagai Jenis wabah dan Penyakit semenjak hadirnya PT. LANCAR ABADI yang berlokasi di Dusun setempat.

Hal itu lantaran diduga akibat buruknya sistem pengelolaan Limbah buangan hasil industri Pengilingan Perusahaan tersebut.

Muhammad Rus'an (50 THN) salah satu warga setempat mengeluhkan alami berbagai Wabah penyakit seperti Diare, berbagai penyakit Kulit, sesak napas dan lain sebagainya. Dirinya menduga hal itu timbul akibat Limbah buangan dari Perusahaan PT. Lancar Abadi. Dugaan Muhammad ini setelah pantauannya, saat musim penghujan abu sisa pembakaran limbah itu akan terbawa air hujan menuju sekitar pemukiman Warga dan areal Persawahan. Ditambah lagi, saat Musim Kemarau Abu tersebut akan berterbangan Ke jalan hingga Pemukiman warga.

"Sejak Perusahaan itu ada kami sering mengalami berbagai penyakit seperti gatal-gatal, Batuk, sesak napas dan lain-lain, baik itu saat musim hujan maupun musim kemarau", Keluhnya pada Media ini saat di konfirmasi pada Selasa (10/05/2022) Siang.

Muhammad Rus'an menambahkan, Sejumlah Warga pernah melaporkan Hal ini ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu untuk ditindak-lanjuti pada Tahun kemarin tetapi hanya ditanggapi dingin, malah Warga yang melaporkan hal tersebut diarahkan untuk mengadu ke Pemerintah Desa setempat.

"Tahun kemarin Kami pernah melaporkan masalah ini ke Dinas Lingkungan Hidup tetapi malah ditanggapi dingin dan diarahkan ke pemerintah desa, ini kan lucu ", Kesalnya

Hal senada juga diungkapkan Nurdin (55 THN) yang juga Warga setempat. Nurdin juga berprofesi sebagai Petani. Dia mengatakan, selain dirinya banyak Warga sekitar juga yang mengalami berbagai penyakit Kulit dan alami sesak napas.

"Selain saya banyak Warga lain mengeluhkan hal yang sama seperti yang saya alami ", Ungkapnya.

Sejumlah Warga berharap Pemerintah Daerah segera menangani masalah ini, karena Warga sekitar sangat khawatir akan semakin berdampak buruk bagi kondisi kesehatan Masyarakat yang ada di sekitar areal Perusahaan PT. LANCAR ABADI.

Dalam menanggapi keluhan Warga itu, Perwakilan Manajemen Perusahaan yang enggan disebutkan namanya hanya memberikan Komentar singkat, bahwa persoalan ini telah diselesaikan bersama Pemerintah Desa setempat pada tahun kemarin.

"Silahkan hubungi Pemerintah Desa setempat, karena kami sudah selesaikan Tahun lalu", Akunya pada Media ini saat dikonfirmasi Via Telepon Seluler (10/05/2022) Siang.

Hingga Berita ini dirilis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri ST. M.Si, belum memberikan tanggapannya saat Media Ini mengkonfirmasi Via Aplikasi Pesan singkat terkait keluhan Warga tersebut.(IB)

Posting Komentar

 
Top