Foto Kadis Lingkungan Hidup Kab. Dompu bersama Camat Woja Tengah Memantau Lokasi Pembuangan Limbah Di Gudang PT. Lancar Abadi (LA), Selasa (10 /05 /2022) Soreh tadi. 

KM Bali 1, Woja - Menanggapi Keluhan Masyarakat Dusun Madarutu, Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu bersama Camat Woja, pada Selasa (10/05/2022) Sore melakukan Inspeksi mendadak (Sidak_red) di lokasi PT. LANCAR ABADI (LA). SIDAK dilakukan karena Pihak Dinas Lingkungan Hidup mendapat laporan masyarakat bahwa perusahaan tersebut disinyalir Buruk dalam proses penanganan Limbah buangan Industri. Sehingga mengakibatkan timbulnya keluhan kesehatan warga sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri ST. M.Si Menjelaskan, dari hasil pantauan Tim Dinas LH, Sistem penanganan limbah oleh perusahaan tersebut sudah sesuai aturan dan standard penanganan limbah yang baik. Namun dirinya menegaskan akan menginstruksikan beberapa Pejabat fungsional di Instansinya untuk tetap secara ketat melakukan pengawasan demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar.

"Dari hasil pantauan Tim, Proses Penanganan Limbah sudah sesuai standar aturan yang ditetapkan, selain itu untuk memastikan agar tidak terjadinya pelanggaran saya perintahkan beberapa pejabatnya untuk tetap melakukan pengawasan secara ketat ", Paparnya pada beberapa Awak Media usai melakukan pemantauan di lokasi tersebut (10/05/2022) Selasa Sore.

Kepala Dinas yang Familiar disapa Bang Jef ini menambahkan, terkait berbagai penyakit yang diderita oleh sejumlah warga, Dirinya tidak mau berkomentar Karena itu di luar kewenangan dan Kapasitasnya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu.

"Terkait beberapa Penyakit yang diderita warga, itu bukan kapasitas dan wewenang saya ", Katanya.

Selain itu Jufri ST. M.Si juga menegaskan, tidak menutup kemungkinan akan menerjunkan Tim Riset yang akan melakukan pengujian terhadap Kualitas air dan udara disekitar kawasan Industri PT. LA jika kedepannya telah dilakukan Pemeriksaan Medis oleh instansi terkait, baik itu Dinas Kesehatan maupun Puskesmas Dompu Barat. Jika hasilnya terbukti bahwa penyakit yang diderita warga Dusun Madarutu Desa Bara disebabkan adanya pencemaran lingkungan.

"Jika nanti telah dilakukan pemeriksaan secara medis oleh instansi terkait dan hasilnya sesuai dengan dugaan Warga, tidak menutup kemungkinan kami juga akan ada tim yang akan menguji kondisi lingkungan sekitar ", imbuhnya.

Setelah melakukan Inspeksi, Kepala Dinas LH Kabupaten Dompu dan rombongan bersama Camat Woja Suherman S.Pt, menyempatkan diri berdialog dengan Warga yang bermukim di sekitar areal kawasan perusahaan tersebut guna mendengarkan langsung keluhan warga yang menderita Penyakit. Menurut dugaan Warga, tercemarnya lingkungan di pemukiman warga di sinyalir berasal dari limbah buangan perusahaan tersebut. (IB)

Posting Komentar

 
Top