KM.Bali 1, Pajo - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa (PEMDES) Lepadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu-NTB, menggelar Musyawarah menyusun draft rancangan Peraturan Desa, yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Lepadi pada, Selasa,(28/06/2022).

Dalam Musyawarah tersebut, BPD dan Pemdes Lepadi juga mengundang Tenaga Ahli pendamping Desa dari Dinas DPMPD Kabupaten Dompu, Camat Pajo, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama. Acara juga diikuti oleh perwakilan Kelompok Tani dan Ternak yang ada di Desa Lepadi.
Syarifuddin, S.Ip / Ketua BPD Desa Lepadi


Syarifudin S.IP, selaku Ketua BPD Desa Lepadi mengatakan Musyawarah Desa digelar dalam rangka menyusun Draft Rancangan Peraturan Desa yang akan diajukan ke Pemerintah Daerah Dompu untuk diSahkan dan ditetapkan sebagai Peraturan Desa.

"kegiatan ini bertujuan menyusun draft rancangan Perdes yang hasilnya akan segera kami ajukan ke Pemda ", Jelasnya. 

Selain itu, Syarifudin S.IP menambahkan, selama ini terkadang terjadi kesalah pahaman antar Warga Desa Lepadi yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak yang disebabkan tidak adanya aturan yang mengatur, misalnya tentang batas wilayah pelepasan ternak, kewajiban Pemagaran Lahan pertanian oleh warga dan hal lain sebagainya. Maka dengan adanya Aturan yang mengatur hal - hal seperti itu, diharapkan Masyarakat akan taat dan patuh sehingga tercipta tatanan Masyarakat yang harmonis dan sejahtera demi menuju Dompu MASHUR sebagaimana yang digaungkan selama ini.
" dengan adanya aturan, diharapkan Masyarakat akan patuh sehingga menciptakan tatanan yang harmonis dan sejahtera menuju Dompu yang MASHUR ", Urainya.

Ketua BPD juga berharap, Dengan lahirnya Perdes baru akan menjadi Payung Hukum bagi Pemerintah Desa Lepadi dalam melakukan Penindakan bagi warga yang dinilai melanggar. Selain itu, Perdes akan menjadi Jaminan Keamanan akan segala Sumber Daya Alam yang ada didesa dari upaya - upaya pengrusakan dan penjarahan baik itu oleh Warga Desa Lepadi sendiri maupun oleh Pihak luar.

" kami bersama Pemdes Lepadi berharap hak ini akan menjadi payung hukum bagi kami dalam mengambil tindakan dan langkah strategis ", Harapnya.(IB)

Posting Komentar

 
Top