Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, saat membuka acara Pelatihan dan Uji Sertifikasi di Hotel Tursina, Senin 31 Oktober 2022. 

KM Bali 1 Dompu - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar pelatihan dan uji sertifikasi pelaksana lapangan. Kegiatan ini digelar selama dua tahap. 

Kegiatan di tahap pertama pelatihan dan uji sertifikasi yakni pelaksana lapangan pekerjaan jalan. Acara ini pun dibuka secara resmi oleh sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, Senin, 31 Oktober 2022, sekitar pukul 08.30 lalu. 

Pelatihan dan uji sertifikasi ini digelar, atas kerja sama Balai Jasa konstruksi wilayah IV Surabaya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang Kab. Dompu. Kegiatan tersebut berlangsung selama enam hari di Hotel Tursina, tepatnya, di jalan Sonokling, No. 8 Kota Baru, Dompu, NTB. 

Kepala Bidang Jasa Konstruksi, Dinas PUPR Dompu, M. Irfan menjelaskan bahwa kegiatan pada tahap pertama yang diperuntukkan bagi pekerja jalan yang di mulai sejak 31 Oktober hingga 5 November. 

"Kegiatan ini, untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian bagi pelaksana tenaga di bidang konstruksi." Ujarnya, Selasa, (1/10) saat ditemui di hotel Tursina. 

Mantan Kabid Bina Marga ini, menambahkan, peserta yang mengikuti pelatihan itu direkrut pada sejumlah perusahaan di bidang konstruksi yang ada di Kab. Dompu. Tidak hanya itu, peserta yang memiliki pengalaman di bidang ini, meski tidak bekerja di perusahaan jasa konstruksi, bisa di ikut sertakan dalam kegiatan tersebut. 
"Jumlah peserta pelatihan dan uji sertifikasi pelaksana lapangan jalan sebanyak 42 orang. Bahkan sebagiannya ada tamatan dari Sekolah Menengah Kejuaraan." pintahnya. 

Menurutnya, pelatihan dan uji sertifikasi bagi peserta ini sangat bermanfaat. Selain untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya, pihak perusahaan konstruksi juga mendapatkan tenaga yang berkompeten. 

"Sesuai visi misi AKJ SYAH, Pemda Dompu Menciptakan 10 ribu tenaga kerja yg bersertifikat dan Berkompeten." tuturnya. 

Ditambahnya, Setelah kegiatan ini digelar akan di lanjutkan tahap kedua. Untuk pelatihan dan uji sertifikasi pelaksana lapangan pekerjaan gedung selama enam hari kedepan yang terhitung mulai tanggal 7 November hingga 12 November 2022 mendatang. (As) 

Posting Komentar

 
Top