KM Bali 1 Dompu - Dilokasi lahan Kelompok Tani (KT) Mada Oi U'A di Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu-NTB, rupanya terdapat potensi yang perlu dikembangkan. Di samping ada sumber mata air yang mengalir, kondisi tanahnya juga subur.

Biasanya anggota kelompok tani tersebut hanya mengandalkan tanaman jagung, itu pun satu kali dalam setahun. Namun pasca panen jagung ada juga sebagian anggota dari kelompok itu, menanam kacang ijo. Dari dua jenis tanaman inilah yang difokuskan petani setiap tahunya. 

Sementara di dalam lokasi lahan KT Mada Oi U'A terdapat sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun. Jika di kembangkan potensi tersebut para anggota dapat memanfaatkan lahannya dengan maksimal. 

Ketua Kelompok Tani, A. Latif H. Ibrahim, mengaku sumber mata air yang mengalir di dekat lahannya dibiarkan begitu saja tanpa di tampung. Dengan keterbatasan anggaran untuk membuat embung ini, Latif berharap kepada pemerintah agar sekiranya dapat membantu pembuatan saranan tersebut.
"Saat ini di lokasi lahan kami ada sumber mata air yang belum di manfaatkan dengan maksimal untuk budidaya pertanian, perkebunan hingga peternakan. Kami berharap agar pemerintah membangun embun untuk embantu masyarakat petani" ujarnya, Senin (2/1/2023) kemarin. 

Meski ada sumber mata air yang mengalir selama ini, kata dia, para anggota kelompok tani terkendala dengan pembiayaan. Untuk itu, dirinya berharap kepada Pemerintah untuk memprioritaskan Pembangunan embung di lokasi ini, untuk realisasi anggaran awal tahun 2023 ini. 

Senada dengan itu, Haerudin (40 thn) juga berharap kepada Pemerintah agar pembangunan Embung ini segera direalisasikan. Agar dirinya bersama anggota yang lain dapat menfaatkan lahannya untuk budidaya hortikultura atau tanaman pangan hingga peternakan. 

"Kami berharap kepada Pemerintah agar segera membangun Embung di KT Mada Oi U'A, supaya kita dapat menanam cabe, Padi dan jagung." Imbuhnya. 

Dari keluhan para anggota tani serta ditinjau langsung potensi dilokasi, nampak sumber mata air mengalir dilokasi tersebut. 

Diketahui, Rabu (4/1/2023) Fungsional Analis Sarana dan Prasarana, Dinas Pertanian Kabupaten Dompu, Marya Ulfa, sudah melakukan survei di lokasi KT Mada Oi U'A setempat

"Nanti setelah di cek oleh tim dari Dinas bersama kelompok tani, segera dikumpul datanya." ucapnya. (As) 

Posting Komentar

 
Top