Foto Kadis Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman S.KM., M.Kes. Di Konfirmasi di ruangan kerjanya, Selasa (24/1/2023) kemarin. 

KM Bali 1 Dompu - Setelah dirubah statusnya dari Rumah Sakit Pratama Manggelewa, Kabupaten Dompu, NTB menjadi RSU Manggelewa tipe D. Dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum (RSU) Manggelewa bakal ditetapkan status instansinya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Penetapan status BLUD RSU Manggelewa tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Dompu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dompu, Maman S.KM, M. Kes., mengatakan manejemen RSU Manggelewa menuju BLUD bakal segera ditetapkan. "Isya Allah RSU Manggelewa tahun 2023 ini masuk BLUD, tinggal menunggu SK penetapan Bupati," cetusnya. 

Setelah penetapan BLUD RSU Manggelewa, kata Maman, akan menyusul seluruh Puskesmas di Dompu juga akan dirubah statusnya menjadi BLUD. "Rencananya seluruh puskesmas masuk BLUD, saat ini tengah dipersiapkan syarat-syaratnya," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kab. Dompu yang baru selesai dibangun, saat ini sudah mulai berfungsi. Meskipun Gedung laboratorium itu belum diresmikan tapi pelayanannya tetap berjalan. 

"Saat ini Labkesda sudah berfungsi, segala macam virus bisa diperiksa termasuk virus HIV," Ungkapnya

Di samping itu Labkesda juga berfungsi untuk memeriksa kualitas air minum dan air baku. Sebelum ada Labkesda, kata Maman, pihaknya menguji kualitas air minum pertiga bulan di Labkesda kota Bima dan di kota Mataram. Biaya yang dikeluarkan untuk menguji sample air cukup lumayan tinggi. Dalam setahun diperkirakan puluhan juta. Itu tergantung jumlah virusnya. 

"Artinya Pendapatan yang masuk dalam pemeriksaan virus, uji kelayakan air minum di Labkesda sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pungkasnya." (As/*) 

Posting Komentar

 
Top