KM Bali 1 Dompu - DOMPU BERJASA merupakan Gerakan Masyarakat (Gema) yang dicanangkan  2 tahun lalu. kini Gerakan tersebut kembali digaungkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu. Program ini, tujuannya untuk mewujudkan Dompu yang Bersih, Hijau dan Sehat. 

Untuk itu, gerakan ini dilakukan secara sadar dimulai dari diri pribadi, keluarga, Rukun Tetangga, Rukun Warga dan seterusnya hingga skala Kabupaten. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Dompu, Yani Hartono Bin Suwarno, SP, sebagai salah seorang penggagas dari Program Gema Dompu Berjasa, Senin (06/02/23). 

Menurut Kabag Prokopim yang akrab disapa Mas Yani ini Program Gema Dompu Berjasa memiliki latar belakang sebagai berikut diantaranya untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan  bangsa. Pemerintah Daerah bertanggung jawab mendorong terlaksananya  hak masyarakat untuk memperoleh lingkungan yang bersih dan sehat serta kesehatan perorangan masyarakat. 

Tidak hanya itu, Untuk mengatasi permasalahan di bidang lingkungan dan kesehatan, perlu adanya kebijakan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan gerakan masyarakat berupa Gerakan Dompu Bersih, Dompu Hijau dan Dompu Sehat, yang selanjutnya disebut Gerakan Masyarakat Dompu Bersih, Hijau dan Sehat yang disingkat GEMA DOMPU BERJASA 

Selain itu Mas Yani juga menyebutkan Program Gema Dompu Berjasa memiliki maksud yang antara lain; Mendorong  warga masyarakat agar lebih peka  melakukan aksi peningkatan kualitas diri dan lingkungan hidup, Menanamkan  dan  menumbuhkan  rasa  kekeluargaan  dan nilai- nilai gotong royong pada masyarakat; 

Dijelaskan tujuan dari program ini adalah agar lingkungan di sekitar tempat tinggal menjadi lebih bersih dan asri, Untuk  mewujudkan perilaku hidup bersih, sehat dan Mewujudkan Kabupaten Dompu yang MASHUR. 

Selain menghadapi ancaman pandemi Demam Berdarah DBD, Mas Yani menyampaikan harapan agar masyarakat dapat melakukan gerakan kebersihan dilingkungannya masing masing secara sadar. 

Ditegaskannya, mengetahui adanya bahaya akibat banjir, secara sadar masyarakat harus melakukan penghijauan, mengetahui adanya bahaya DBD, secara sadar masyarakat harus melakukan kebersihan dan seterusnya. 

Diakuinya pribadi yang sehat, akan menjadi keluarga yang sehat, warga yang sehat baik lahir dan bathin secara sadar masyarakat melakukan hidup sehat termasuk dalam hal keamanan dan ketertiban (sehat lingkungan). 

"Sebagai pencetus ide Gema Dompu Berjasa, agar program ini dirasakan manfaatnya perlu diimplementasikan secara masif dan terstruktur kesemua elemen masyarakat dari yang paling atas hingga paling bawah", terangnya. 

Mas Yani menambahkan pemerintah dalam hal ini hanya sebagai fasilitator, regulator dan pengawasan. Dia menyebut OPD terkait harus mengimplementasikan untuk menjalankan Program Gerakan Masyarakat Dompu Berjasa ini. (As) 

Posting Komentar

 
Top