Analis Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kab. Dompu, Marya Ulfa, saat berkunjung dilokasi pekerjaan embung mini pada kelompok tani Mada Oi Ua Kelurahan Simpasai, Jum'at (28/4) kemarin. 

KM Bali 1 Dompu - Progres pekerjaan embung mini pada kelompok tani Mada Oi Ua Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, hampir tuntas dikerjakan. 
Bagian Analis Prasarana dan Sarana pada Dinas Pertanian Kab. Dompu, Marya Ulfa, saat memantau di lokasi setempat, Jum'at, (28/04/2023) kemarin, mengapresiasi atas progres pekerjaan tersebut. Meski waktu pekerjaannya sempat terkendala dengan cuaca buruk. "Pekerjaan embung mini kelompok tani Mada Oi Ua dengan total anggaran Rp. 120 juta, sudah sekitar 80 persen." ujarnya. 

Kata Ulfa, selain pekerjaan embung, lahan disekitar lokasi itu juga sudah mencetak sawah baru serta jalan usaha tani, sehingga dengan mudah mengakses menuju lokasi embung. 

Kegiatan pembangunan bangunan konservasi air dan antisipasi anomali iklim berupa embung dari Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian RI melalui Dinas Pertanian Kab. Dompu, kata Ulfa, dapat dimanfaatkan oleh kelompok tani dengan sistem Integrated Farming. Hal itu merupakan sistem terpadu antara perkebunan, pangan dan hortikultura, serta ternak dan perikanan. 

"Embung ini bisa di manfaatkan dengan pola Integrated Farming, para anggota kelompok tani Mada Oi Ua bisa menanam sayur-sayuran, buah-buahan, Padi, jagung, serta ternak dan budidaya ikan." cetusnya. 
Ketua Kelompok tani Mada Oi Ua, A. Latif H. Ibrahim, saat ditemui media kmbali1.com, Sabtu (29/4), dirinya merasa bersyukur dengan adanya embung ini. Selain bisa dimanfaatkan untuk tanaman holti, perkebunan dan  pangan, embung ini juga dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan ternak sapi maupun kambing.

"Kalau embung sudah jadi kita bisa memanfaatkannya." jelasnya.

Menurutnya, sistem Integrated Farming sangat cocok di lokasi tersebut. Rencana itu, kata dia, bakal terwujud jika disekitar lokasi itu sudah dipagar keliling. "Nanti kita pagar keliling dulu supaya aman." pungkasnya, (As).

Posting Komentar

 
Top