KM Bali 1 Dompu-Kelurahan Simpasai Kecematan Woja, mewakili Kabupaten Dompu jadi peserta lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya, Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja dan Desa Kareke Kecematan Dompu telah di tetapkan sebagai perwakilan Kabupaten Dompu pada lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023. 

H. Kader Jaelani memaparkan sejatinya prestasi dan kemajuan pemerintah Kabupaten tergantung sungguh kemajuan Desa dan Kelurahan. Untuk mendorong kemajuan itu tentu dibutuhkan sinergitas dan koordinasi. 

Kedatangan para rombongan tim penilai dari Provinsi NTB, Selasa (13 /6) disambut hangat oleh warga setempat. Rombongan tim bersama Bupati Dompu, H. Kader Jaelani didampingi Setda sempat menyusuri setiap lingkungan dengan menggunakan mobil odong-odong. Sepanjang jalan pun nampaknya terpasang bendera dan ubul-ubul. 

Ketua Tim Penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yus Harudian Putra, S. STP, mengatakan tingkat partisipasi warga Kelurahan Simpasai sangat tinggi. Ia menilai dari bentuk partisipasi warga Kelurahan Simpasai rupanya memiliki rasa cinta yang tulus. Sehingga Apa pun bentuk rencana kerja, berapa pun jenis program pemerintah ketika ada cinta yang tulus kepada pemimpinnya maka program pemerintah akan terwujud. 

"Salah satu aspek penilaian tentang kewilayaaan sudah kita menyaksikan tadi diantaranya kebersihan." paparnya. 
Ada sepuluh Desa dan kelurahan dari delapan Kabupaten kota se NTB yang akan diseleksi. Nantinya yang akan mempertahankan tradisi juara Provinsi NTB di tingkat Nasional. 

Inilah potret Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu yang mengikuti lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebelum kedatangan tim penilaian dari Provinsi NTB, Selasa (13/6) Pemerintah Lurah bersama jajarannya jauh-jauh tengah mempersiapkannya. Selain memberikan sosialisasi di seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kebersihan. 

Lurah Simpasai, Usman S. Sos, dalam sambutannya di hadapan Bupati Dompu bersama Tim Penilaian dari Provinsi NTB memaparkan visi dan misi. Adapun visinya "Terwujudnya pelayanan terbaik menuju masyarakat yang partisipatif." Untuk mencapai visi itu sebagai misinya yakni mewujudkan tatakelolah pemerintah yang berdaya saing dan berdaya guna. Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dengan sarana dan prasarana yang ada di Kelurahan Simpasai. 

Selain itu, mewujudkan pembangunan pemerintahan dan masyarakat yang partisipatif serta meningkatkan fungsi dan peran lembaga kemasyarakatan sebagai mitra Kelurahan.

Usman menyebutkan bahwa luas wilayah Kelurahan Simpasai 432 hektar. Yang terbagi 7 lingkungan dan 27 RT. Dengan jumlah penduduk tahun 2023 sebanyak 9.479 jiwa atau 2.619 kepala keluarga. Mata pencaharian mayoritas penduduknya sebagai petani. 

Usman kembali menjelaskan pemerintah Kelurahan Simpasai memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh wilayah desa dan kelurahan lain. Diantaranya kemudahan akses komunikasi dan transportasi, adanya upaya peningkatan ekonomi, Bantuan modal usaha bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Selain itu, adanya upaya penurunan stunting melalui pemberian makanan tambahan yang dilakukan ibu-ibu posyandu. (As) 


Posting Komentar

 
Top