"Peternakan Kabupaten Dompu Alami Kemajuan, TPID Provinsi Kalteng Lakukan Studi Banding" 

KM Bali 1 Dompu- Pembangunan sektor peternakan di Kabupaten Dompu menunjukkan kemajuan pesat, menarik perhatian berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan studi banding. Salah satu daerah yang tertarik adalah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Melalui Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID), Pemprov Kalteng mengadakan kunjungan resmi ke Kabupaten Dompu pada Jumat, 21 Juni 2024.

Kunjungan TPID Provinsi Kalimantan Tengah ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, di Ruang Rapat Bupati Dompu. Dalam acara tersebut, Wakil Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Muhammad Abduh, SE., M.Si.

Rombongan TPID Provinsi Kalteng terdiri dari Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Biro Ekonomi, Pejabat Eselon III dan IV, serta perwakilan dari Bank Indonesia, dengan jumlah total sekitar 30 orang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Syahrul Parsan menjelaskan bahwa sektor peternakan menjadi salah satu program prioritas dalam program Jarapasaka, selain jagung, porang, padi, dan ikan. Ia menekankan bahwa sektor peternakan memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para peternak.

"Sektor peternakan dapat memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat umumnya dan masyarakat peternak khususnya," ujar H. Syahrul Parsan.

Wakil Bupati juga menambahkan bahwa populasi ternak di Kabupaten Dompu terus meningkat setiap tahunnya, bahkan melebihi target yang ditetapkan dalam RPJMD. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Dompu menyadari prospek besar sektor peternakan dalam meningkatkan ekonomi mereka.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Muhammad Abduh, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa peningkatan populasi ternak yang melampaui target ini didukung oleh berbagai langkah strategis, program, dan kegiatan yang meliputi peningkatan pelayanan kesehatan hewan, program inseminasi buatan (IB), ketersediaan pakan berkualitas, dukungan sarana dan prasarana fisik, serta peningkatan pengawasan lalulintas ternak.

Pada kunjungan studi banding tersebut, dilakukan penandatanganan Nota Kerjasama antara Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu. Kerjasama ini mencakup penyediaan bibit ternak sapi untuk meningkatkan populasi dan produksi, sebagai upaya pengendalian inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara penerimaan kunjungan TPID Provinsi Kalteng berlangsung dalam suasana yang akrab dan penuh kekeluargaan, menandai hubungan yang erat dan produktif antara kedua daerah dalam memajukan sektor peternakan. (Alon) 

Posting Komentar

 
Top