Proses tes wawancara Tenaga Kerja Alumni SMKN 2 Dompu yang dilakukan oleh PT. SMS di sekolah setempat Sabtu, 20 Juli 2024 [Foto: KM bali 1]

Dompu, KM Bali 1-Dalam kegiatan operasionalnya, PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) selalu Menjaga komitmen untuk memprioritaskan tenaga kerja Lokal di Kabupaten Dompu. Salah satu upaya menjaga komitmen tersebut PT. SMS mendatangi SMK Negeri 2 Dompu untuk melakukan wawancara perekrutan Tenaga Kerja dari para Alumninya Sabtu, 20 Juli 2024 pukul 07.30 wita Pagi tadi. 


Kegiatan yang bertajuk SMKN 2 Dompu Job Fair tersebut diprakarsai Unit Bursa Kerja Khusus (BKK) yang diketuai oleh Hasrawati, ST bersama pihak Perusahaan PT. SMS untuk menjaring Tenaga Lokal Kabupaten Dompu siap kerja lulusan SMKN 2 Dompu. Dalam penjelasannya, Hasrawati, ST mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena melihat antusiasme para mantan siswa Lulusan sekolahnya dilirik oleh perusahaan industri Gula terbesar di Kabupaten Dompu. 


“kami dari pihak sekolah merasa senang karena alumni sekolah kami dilirik perusahaan besar seperti PT.SMS. Bagi kami ini adalah salah satu indikator paling jelas bahwa alumni SMKN 2 Dompu diakui Kompetensinya oleh Dunia kerja”, tutur Hasrawati yang juga menjabat Ketua Kompetensi Keahlian (K3) Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titel) SMKN 2 Dompu ini.


Sementara itu secara terpisah, Kepala Sekolah SMKN 2 Dompu Burhanuddin, ST mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran PT. SMS di sekolahnya tersebut. Menurutnya hal ini menunjukkan bahwa lulusan SMKN 2 Dompu siap diserap oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). “terima kasih kepada Tim BKK dan PT. SMS selaku pihak industri yang sudah bekerja sama sehingga terwujudnya kegiatan ini”, ungkapnya. 



Burhan menambahkan, Job Fair merupakan tolok ukur keberhasilan sekolah dalam menyiapkan tenaga terampil yang dibutuhkan pasar kerja. Dengan demikian, siswa merasa memiliki jaminan memperoleh pekerjaan setelah lulus dari SMKN 2 Dompu. Disisi lain, pihak perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya karena mendapat kepastian akan memperoleh suplai tenaga yang dibutuhkan perusahaan langsung dari sekolah, khususnya SMKN 2 Dompu.


“Output dari Job Fair ini adalah mengetahui berapa jumlah lowongan kerja yang tersedia dan berapa jumlah penempatan kerja yang sudah tercapai sehingga bisa memberikan informasi kepada Alumni SMKN 2 Dompu yang tengah mencari pekerjaan”, jelasnya saat dihubungi Via pesan singkat Aplikasi Whatsapp Sabtu, 20 Juli kemarin.



Muhammad Haryanto, Media & External Relation PT. SMS yang dihubungi via Telepon seluler kepada kmbali1.com Sabtu, 20 Juli kemarin menjelaskan maksud kunjungan pihaknya ke SMKN 2 Dompu adalah untuk menjaring tenaga kerja Lokal yang potensial sehingga dapat bergabung dalam perusahaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.


“kami memang sudah berkomitmen dan tetap menjaga komitmen untuk memanfaatkan tenaga - tenaga kerja potensial yang ada di Kabupaten Dompu sesuai dengan lowongan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan kami”, ungkapnya.



Pantauan langsung kmbali1.com, selain PT. SMS, hadir pula pada kegiatan tersebut perusahaan yang bergerak dibidang jasa Teknisi Kelistrikan, Pendingin dan Tata Udara yaitu CV. Tiga Jaya Teknik. Sebelumnya pihak sekolah juga bekerja sama dengan PT. Panasonic, TBK dalam penyediaan tenaga kerja.


Diketahui, tidak kurang dari 20 orang Alumni SMKN 2 Dompu yang mengikuti wawancara. para alumni ini adalah lulusan dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio Video dan Teknik Pengelasan. Alumni yang lulus dalam tes wawancara pertama pada Sabtu, 20 juli kemarin akan melanjutkan ke wawancara tahap berikutnya Senin, 22 Juli besok di Sekolah SMKN 2 Dompu.[Oz]

Posting Komentar

 
Top