KM Bali 1, Dompu - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu menggelar sosialisasi pengawas partisipatif di Cafe Laberka, Selasa (20/8) pagi. Acara ini melibatkan puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Dompu, dengan tujuan meningkatkan partisipasi mereka dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah perguruan tinggi dilibatkan yakni STAI, STKIP AL AMIN, STIE dan STKIP. Mahasiswa tampak antusias mengikuti pemaparan dari narasumber. Keterlibatan perguruan tinggi dan mahasiswa ini bertujuan untuk memastikan proses Pemilu yang jujur, adil, dan transparan, serta sebagai sarana edukasi politik bagi generasi muda. 

Menurut Drs. Irwan, salah satu pemateri, mahasiswa diharapkan mampu mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai kesesuaian proses penyelenggaraan Pemilu dengan aturan yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan integritas Pemilu dan mencegah berbagai bentuk pelanggaran, seperti politik uang dan manipulasi data pemilih.

"jika ada temuan pelanggaran pada pilkada segera laporkan," ujarnya. 

Langkah Bawaslu ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, karena diyakini dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas Pemilu. Selain itu, keterlibatan mahasiswa juga diharapkan mendorong partisipasi pemilih muda dalam Pilkada 2024.

Dengan semangat kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga penyelenggara Pemilu, seperti KPU dan Bawaslu, diharapkan Pilkada yang akan berlangsung lebih aman, tertib, dan bebas dari kecurangan. (Alon) 

Posting Komentar

 
Top