Peta Kecamatan Manggelewa

KM Bali 1, Dompu – Pemerintah Kabupaten Dompu kembali menggelontorkan dana sebesar Rp2,44 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Manggelewa pada tahun 2024. Anggaran ini diperuntukkan bagi sejumlah proyek, termasuk penyediaan air bersih dan perbaikan akses jalan ekonomi di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dompu, Aris Ansyari, menyampaikan bahwa salah satu proyek besar yang tengah digarap adalah pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Kampasi Meci dengan anggaran sebesar Rp1,75 miliar. Proyek ini diharapkan dapat menyediakan air bersih bagi ribuan warga di desa tersebut.

"Air bersih menjadi kebutuhan utama masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang masih kesulitan mendapatkan akses air bersih seperti Kecamatan Manggelewa. Pembangunan IPA ini adalah salah satu upaya kami untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujar Aris Ansyari di sela kegiatan Dinasnya Jumat, (11/10) lalu.

Selain IPA, Pemkab Dompu juga mengalokasikan dana untuk pembangunan sumur bor dalam di beberapa desa, seperti Desa Anamina (Rp91 juta), Desa Nusa Jaya (Rp109,2 juta), dan Desa Suka Damai (Rp109,2 juta). Proyek ini bertujuan untuk menyediakan sumber air bersih yang mudah diakses oleh masyarakat setempat.

Tidak hanya sektor air bersih, pemerintah juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Manggelewa. Dua proyek penanganan jalan ekonomi akan dilaksanakan di Desa Banggo dan Desa Tekasire dengan masing-masing anggaran Rp182 juta. Pembangunan jalan ini diharapkan dapat memperlancar aktivitas ekonomi dan distribusi hasil pertanian di wilayah tersebut.

"Kami berharap dengan peningkatan akses jalan dan ketersediaan air bersih, masyarakat bisa lebih mudah beraktivitas, terutama dalam bidang ekonomi. Hal ini juga akan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambah Aris.

Di samping itu, proyek saluran air di Desa Nusajaya juga menjadi salah satu fokus pemerintah dengan alokasi anggaran sebesar Rp18,2 juta. Proyek ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan drainase di desa tersebut, terutama saat musim hujan.

Masyarakat Kecamatan Manggelewa menyambut baik rencana pembangunan ini. Ahmad 56 thn, seorang tokoh masyarakat Desa Kampasi Meci, menyatakan rasa syukurnya atas perhatian pemerintah dalam penyediaan air bersih di desanya.

“Sudah lama kami menantikan proyek air bersih ini. Dengan adanya IPA, kami berharap tidak lagi mengalami kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau,” ujar Ahmad.

Pemerintah Kabupaten Dompu menargetkan semua proyek infrastruktur ini akan dimulai pada Januari 2024 dan rampung pada akhir tahun, dengan harapan dapat selesai tepat waktu sehingga manfaatnya segera dirasakan oleh masyarakat.[ADV/km]


Posting Komentar

 
Top